Wagubsu : UN Hari Pertama Di Sumut Berjalan Lancar




Wagubsu : UN Hari Pertama di Sumut Berjalan Lancar

 
Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si bersama rombongan dinas dan lembaga terkait melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama  di sejumlah SMA di Medan, Senin (14/4/2014). Dari hasil pantauan, pelaksanaan UN di Sumut berlangsung tertib dan lancar.

Pantauan pertama, Wagubsu meninjau pelaksaan UN di SMA Negeri 4, Jl. Gelas Medan. Dalam pemantauan, turut hadir Kepala Pustekom Kemdikbud Ir, Edi Santoso D. A, Koordinator Pengawas UN Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. DR. Khairil Ansari dan anggota Komisi E DPRD Sumut Hj. Evi Diana Erry.

Dari hasil pantauan, UN di SMA Negeri 4 digelar tepat pukul 8.00 WIB. Tidak ada kendala berarti saat UN berlangsung, baik kekurangan lembar soal maupun lembar soal yang rusak.

“Para siswa juga tidak dibenarkan membawa telepon seluler. Tas juga ditempatkan di depan ruang kelas,” Ujar Wagubsu.Usai melakukan pemantauan di SMA Negeri 4 Medan, rombongan kemudian bergerak ke SMA Swasta Panca Budi, Jl. Gatot Subroto Medan. Dari hasil pantauan, pelaksanaan UN juga berjalan tertib dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubsu mengatakan, pola lembar soal ujian yang berbeda sebanyak 20 varian diharapkan efektif menekan tindak kecurangan dalam UN tahun ini.

“Ada 20 jenis lembar soal UN. Tiap siswa mendapat soal yang berbeda. Dengan begitu, para siswa tidak dapat bekerjasama dalam menjawab soal. Kemudian kecemasan soal ujian bocor sebelum ujian berlangsung juga dapat dieliminir. Karena siswa belum tentu mendapat jawaban soal sesuai soal yang diterimanya di ruang ujian,” sebut Wagubsu.

Sementara itu Koordinator Pengawas UN Universitas Negeri Medan Prof. DR. Khairil Ansari mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan adanya kendala pelaksanaan UN di sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut.

“Mata pelajaran hari ini yakni Bahasa Indonesia dan IPA. Sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait kendala pelaksanaan UN di Sumut. Semoga tahun ini lancar,” ujar Khairil.

Jumlah siswa SLTA sederajat yang mengikuti UN di Sumut tahun 2014 tercatat 209.835 siswa. Sebanyak 99.563 siswa diantaranya berasal dari SMA, 429 siswa Madrasah Aliyah (MA), 819 siswa Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) dan 4 siswa SMA Luar Biasa (LB).

Sedangkan siswa SLTP sederajat tercatat 252.869 siswa yang terdiri dari 199.386 siswa SMP, 52.528 siswa Madrasyah Tsanawiyah, 924 siswa SMPT dan 31 siswa lainnya berasal dari SMP Luar Biasa (LB).

Sementara Sekolah Dasar (SD) sederajat yang mengikuti UN di Sumut tercatat sebanyak 275.099 siswa, Madrasyah Ibtidaiyah (MI)sebanyak 16.508 siswa dan SD Luar Biasa (LB) sebanyak 62 siswa.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung