Gubsu : Penanggulangan TBC Butuh Komitmen Semua Pihak


Gubsu : Penanggulangan TBC Butuh Komitmen Semua Pihak


Medan (Mimbar) - Pengendalian tuberkulosis memerlukan upaya terpadu dan sistematis baik oleh pemerintah maupun kekuatan elemen sosial kemasyarakatan.Salah satu elemen masyarakat yang giat menanggulangi penyakit TBC Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis  Indonesia (PPTI). Atas berbagai upaya PPTI Gubernur Sumatera Utara memberikan apresiasi dan bertekad terus meningkatkan kerjasama.

Gubernur menegaskan komitmen ini saat menerima pengurus PPTI Sumut di ruang kerjanya di kantor Gubsu, Jl. Diponegoro, Medan, Jumat (11/4/2014). Untuk itu, sebagai organisasi kesehatan berbasis sosial kemasyarakatan yang peduli Tuberkulosis, PPTI diharapkan selalu bekerjasama dalam segala kegiatannya dengan Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Utara.

Di depan Ketua PPTI Cabang Sumut Prof. H. Luhur Soeroso Sp.P(k), Gubsu meminta Asisten III Provsu Arsyad Lubis untuk mencarikan gedung atau bangunan yang bisa dimanfaatkan oleh PPTI sebagai sekretariat. "Tolong juga kepada kalau ada ruang di Rumah Sakit Paru bisa di pinjam-pakaikan kepada PPTI," perintah Gubsu kepada Asisten III Arsyad Lubis.

Gubsu menyampaikan bahwa salah salah satu tugas pokok PPTI adalah penyuluhannya itu usaha untuk mengubah perilaku dan sekaligus memobilisasi masyarakat dalam penanggulangan tuberkulosis.

"Penyuluhan merupakan upaya pencegahan, agar yang sehat makin sehat, yang sehat tidak tertular TB, yang sakit dapat berobat tuntas sehingga tidak menularkan kepada masyarakat atau orang-orang disekitarnya. Nah begitu pentingnya keberadaan PPTI di tengah masyarakat sehingga sewajarnya pemerintah ikut membantu demi kelancaran tugas PPTI," ujarnya

Tawaran bantuan Gubsu disambut Ketua PPTI Sumut Luhur Soeroso yang didampingi Sekretaris Dr. Pantas Hasibuan M.Ked dan bendahara Ny. R. Emisidik Rauf, S.E. Sebab karena kendala ekonomi, mereka sejak Februari memutus kontrak gedung yang selama ini menjadi kantor mereka.

"Kami apresiasi upaya ini. Kami berharap Pak Gubernur bisa membantu tetap eksisnya PPTI dalam memberantas tuberkulosis di Sumut, " ujarnya.

PPTI, lanjutnya adalah organisasi kesehatan berbasis sosial kemasyarakatan yang peduli Tuberkulosis, dan selalu bekerjasama dalam segala kegiatannya dengan Dinas Kesehatan provinsi Sumatra Utara, khususnya dalam penanggulangan Tuberkulosis.

Gubsu melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara juga menyambut baik kehadiran PPTI, dan akan dilibatkan sebagai mitra dalam penanggulangan Tuberkulosis, dan menginformasikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten agar dapat bermitra dengan PPTI kabupaten Kota.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung