Gubsu Galang Kekuatan Penuh Muspida Kawal Penghitungan Suara Kondusif


Gubsu Galang Kekuatan Penuh Muspida Kawal Penghitungan Suara Kondusif

* Masyarakat dihimbau tidak berspekulasi sebelum penghitungan final


Medan (Mimbar) - Gubernur Sumut (Gubsu) H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si menggalang kekuatan penuh segenap unsur pimpinan daerah (Muspida) untuk mengawal proses pencoblosan termasuk penghitungan suara pemilu legislatif hari ini (Rabu, 9/4).

"Kita semua (pimpinan daerah - red) sudah siap dengan kekuatan penuh mengawal pemilu legislatif Insya Allah aman dan kondusif sampai selesai penghitungan suara," tegas Gubsu saat memimpin Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumut tadi malam (Selasa, 8/3).

Rapat di Hotel Grand Aston Medan ini dihadiri Wagubsu Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Ketua DPRD Sumut H. Saleh Bangun, Pangdam I/ BB Mayjen TNI Istu Hari S, S.E, M.M, Kapolda Sumut Irjen Syarief Gunawan, Danlantamal I Belawan Laksma Didik Wakyudi, Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Sungkono SE MSi, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut A.T.H. Pudjiwahono, S.H, M.Hum, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Bambang Setyo Wahyudi, S.H, M.M, Kasdam I/ BB Brigjend Andogo Wiradi, Wakapolda Sumut Brigjend Pol Basaruddin 

Juga hadir Sekdaprovsu H. Nurdin Lubis, S.H, M.M, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Sumut Brigjen TNI Cucu Soemantri, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea dan Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasahan, Assisten Pemerintahan Pemprovsu Hasiholan Silaen dan Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs. H. Eddy Syofian, M.AP.

Baik Gubsu, Pangdam, Kapoldasu, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan unsur rapat lainnya sepakat komitmen mengerahkan kekuatan penuh mengawal pemilu supaya suara rakyat terlindungi dari berbagai pihak yang ingin mengganggu pesta demokrasi ini.

Suasana Sumut hingga H-1 tadi malam, pada rapat ini terungkap secara umum aman dan kondusif dan siap menggelar perhelatan akbar nasional ini. Gubsu minta partisipasi penuh masyarakat untuk terus menjaga kondisi kondusif ini.

"Kita bersyukur tahapan-tahapan pemilu 2014 hingga pelaksanaan kampanye dan masa tenang pemilu legislatif secara umum di Sumut berlangsung aman dan kondusif. Namun harus tetap waspada, terutama pasca hari pencoblosan dan penghitungan suara," ujar Gubsu.

Berbagai persiapan dan pematangan yang telah dilakukan selama ini diharapkan Gubsu diimplementasikan konkrit di lapangan termasuk berbagai kesepakatan pemilu berkualitas dan bermartabat yang telah diambil, diingatkan Gubsu agar dipatuhi, seperti Deklarasi Damai yang digaungkan baru-baru ini.

Gubsu memberi apresiasi kepada Tim Pemantau Pemilu Provinsi Sumut yang diketuai Sekdaprovsu H. Nurdin Lubis, S.H, M.M yang signifikan melakukan sosialisasi ke TPS, pemilu damai, memotivasi pemilih pemula, memonitor pergeseran logistik sampai ke daerah-daerah terpencil dan lainnya.

Ke depan kata Gubsu tugas masih berat mencapai target partisipasi sesuai nasional 75 persen dan mengawal proses tahapan selanjutnya hingga penetapan hasil pemilu, penetapan parpol yang memenuhi ambang batas, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hingga peresmian keanggotaan DPR, DPD dan DPRD propinsi maupun kabupaten dan kota. 

"Rakyat harus mewaspadai potensi kerawanan pasca Pemilu dengan berbagai modus. Kami mendorong Pemilu supaya dapat berlangsung jujur dan adil. Kalau Pemilu berlangsung dengan baik, kami yakin kemajuan bangsa dan negara akan lebih baik ke depan," ujarnya.

Gubsu secara khusus mengimbau masyarakat sabar dan mempercayakan proses penghitungan suara kepada penyelenggara pemilu dan tidak berspekulasi sebelum pengumuman penghitungan final oleh KPU.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung