Kosekhanudnas III Medan Ujung Tombak Pertahanan Udara


Kosekhanudnas III Medan Ujung Tombak Pertahanan Udara 

# Gubsu Saksikan Sertijab Pangkosek Hanudnas III

Medan (Mimbar) – Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara  menyaksikan proses serahterima jabatan Panglima Kosek Hanudnas III. Prosesi sertijab berlangsung dalam sebuah upacara militer di Lapangan Mako Sekhanudnas III, Medan, Kamis (24/4).

Dalam upacara yang turut dihadiri Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Ketua DPRDSU dan unsur FKPD Sumut lain ini disertijabkan  jabatan Panglima Kosek Hanudnas III dari Marsekal Pertama TNI Sungkono, SE, MSI kepada Kolonel PNB Supriharsanto.

Dalam arahannya Pangkohanudnas Marsekal Muda TNI Hadiyan Suminta Atmadja menjelaskan, Kosekhanudnas III Medan merupakan ujung tombak pertahanan udara nasional bagian barat.

Kosekhanudnas III sehari-hari bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara. Dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritas mulai dari Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan NAD.

"Karena itu Kosek Hanudnas III Medan memiliki posisi yang sangat strategi dan vital bagi pertahanan udara di Wilayah Barat Indonesia,"kata Marsekal Muda Hadiyan.

Pada kesempatan itu Hadiyan mengatakan, dalam pelaksanaan pegamatan udara Kosekhanudnas III Medan mengoperasikan satuan-satuan radar Hanud, serta menjalin kerjasama dengan unsur radar sipil Kementerian Perhubungan yang berada di bandara-bandara di wilayah tugasnya.

Sedangkan dalam konteks kerjasama antara tentara nasional Indonesia (TNI) dan tentara udara Diraja Malaysia Kosekhanudas III, memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan operasi Hanund terkoordinasi, sehingga tugas tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Sebelum sertijab berlangsung pada Rabu (23/4) malam digelar Malam Pengantar Tugas Panglima Komando Sektor di Rumah Dinas Gubernur Sumut, di Jalan Sudirman No. 41 Medan. 

Dalam sambutannya, Gubsu H Gatot Pujo Nugroho MSi mengucapkan selamat datang Kolonel PNB Supriharsanto, dan berharap dapat melanjutkan hubungan kerjasama harmonis dengan semua unsur FKPD Sumatera Utara.

Gubsu tak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Marsekal Pertama TNI Sungkono SE MSi, yang telah  memberikan pengabdiannya begitu besar untuk turut serta membangun Sumut, khususnya dalam bidang kekuatan pertahanan negara.

"Terimakasih kepada Mas Sungkono yang bertugas 1 tahun 4 bulan di Sumut, selama bertugas telah terbangun hubungan harmonis dan sangat baik. Semoga hubungan ini tetap berlanjut di era Mas Supriharsanto. Baik pada kedinasan maupun di luar-luar kedinasan,” harap Gubsu.

Pada malam itu, Gubsu dan Wagubsu mengulosi Pangkosek yang baru sebagai penyambutan dan ucapan selamat datang dan memberikan souvenir kepada Pangkosek lama dengan disaksikan seluruh FKPD Sumut dan undangan lainnya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung