Gubsu Tinjau Distribusi Soal UN


Gubsu Tinjau Distribusi Soal UN


Medan (Mimbar) - Untuk mengetahui proses tahapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Gubernur Sumatera Utara  H Gatot Pujo Nugroho meninjau distribusi soal Ujian Nasional (UN). Gubernur Sumatera Utara bersama Direktur Pembinaan SMK, dan Rektor Unimed yang juga sebagai penganggungjawab pelaksanaan UN meninjau proses distribusi soal-soal UN di kompleks pergudangan SBC 1, Jalan Letda Sujono, Medan, Jumat (11/4).

Begitu tiba di salah satu gudang di kompleks tersebut, Gubsu mengamati para pekerja ekspedisi bekerja mengepack dan menyusun puluhan kardus berisi soal UN ke dalam truk ekspedisi. Proses distribusi berlangsung dalam pengawasan ketat panitia UN dan pihak keamanan unuk menjaga kerahasiaan soal-soal tersebut dari kebocoran.

Melihat prosesnya, Gubsu menjelaskan pelaksanaan distribusi soal UN tahun ini semakin baik. "Yang jelas tahun ini distribusi UN relatif lebih bagus. Distribusi sudah dilakukan sejak tanggal 5 kemarin. Hari ini hari terakhir distribusi di kota terdekat," ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Gubsu  berharap semua proses tahapan UN tahun ini bisa lancar sampai pengumumam kelulusan siswa. Dari persiapan yang sudah berjalan, Gubsu optimis UN tahun ini akan berjalan lancar. Distribusi soal UN menurut Gubsu sudah dimulai sejak tanggal 5 April lalu dengan tujuan Kabupaten Nias.

Untuk hari ini, distribusi dilakukan di kabupaten terdekat seperti Kabuapten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, Kota Binjai dan Kota Medan.

Kepada para siswa peserta UN, Gubsu mengimbau mereka menyiapkan mental dalam menghadapi UN 2014. Soalnya, kata Gubsu, kalau mental tidak siap soal-soal yang dihadapi akan menjadi sulit. Kendati demikian, Gubsu yakin dengan para siswa mampu menghadapi UN karena para siswa telah belajar 3 tahun dengan baik. "Selain itu adalah belajar dan berdoa kepada Allah," katanya.

Saat ditanya soal adanya bocoran soal-soal UN, dia mengatakan bahwa dirinya bukanlah sebagai pelaksana. Gubsu mengatakan ada pengawasan yang dilakukan oleh Unimed.

"Kepada para siswa, jangan percaya jika ada yang menawari bocoran soal. Jangan mudah terbuai iming-iming. Tetap persiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar dan berdoa,"tegasnya
 
UN 2014 akan diikuti 750.085 peserta di Sumatera Utara. Jumlah itu terdiri semua siswa dari semua tingkatan. UNtuk UN tingkat SLTA digelar pada 14-16 April dan SLTP 5-8 Mei.

Jumlah peserta UN tingkat SLTA 205.447 siswa, terdiri SMA 99.584 siswa, MA 20.822 dan SMK 85.041. Sedangkan peserta UN SLTA sebanyak 252.869 siswa, terdiri SMP 199.386, MTs 52.528, SMPT 924, SMPLB 31. Peserta SD yang mengikuti UN sebanyak 275.099 siswa, MI 16.508 siswa dan SDLB 162 siswa.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung