Gubsu Imbau Buruh Manfaatkan 'May Day' untuk Keluarga

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumut Brigjen TNI Cucu Somantri yang juga Ketua Kominda Sumut dan Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP pada Rapat Koordinasi Komite Intelijen Daerah (Kominda) Sumut di Aula Kerukunan Bakesbangpol Sumut di Medan, Kamis (24/4).

Gubsu Imbau Buruh Manfaatkan 'May Day' untuk Keluarga

* Buruh bekerja 1 Mei berlakukan ketentuan lembur


Medan (Mimbar) - Gubernur Sumut (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengimbau para pekerja atau buruh memanfaatkan hari libur nasional 1 Mei 2014 sebagai Hari Buruh bersama keluarga masing-masing.

"Pemerintah telah menetapkan Hari Buruh 1 Mei merupakan hari libur nasional. Bapak Gubsu berpesan selayaknyalah momentum ini dimanfaatkaan bersama keluarga guna lebih mempererat suasana rumah tangga bersama isteri dan anak-anak," ujar Gubsu melalui Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP.

Pesan itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Komite Intelijen Daerah (Kominda) Sumut di Aula Kerukunan Bakesbangpol Sumut di Medan, Kamis (24/4). Rapat dipimpin Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumut Brigjen TNI Cucu Somantri yang juga Ketua Kominda Sumut.

Hadir Direktur Intelkam Poldasu Kombes Pol Aries Wahyu S dan pejabat teras dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi maupun Medan, Langkat, Binjai, Deliserdang dan Kakan Kesbang Kabupaten dan kota, pimpinan Angkasa Pura II dan instansi vital lainnya.

Lebih lanjut Eddy Syofian yang juga Sekretaris Kominda Sumut menyampaikan pesan Gubsu agar hari libur nasional 1 Mei sebagai Hari Buruh sesuai Keppres Nomor 24 Tahun 2013 menjadi oase segar dan menjadi spirit para buruh untuk lebih meningkatkan etos kerja dan menjaga suasana ketenagakerjaan tetap nyaman dan kondusif.

Beberapa kesimpulan rapar tersebut intinya merekomendasikan agar hari libur 1 Mei aman dan kondusif dan selayaknya dapat dimanfaatkan oleh Keluarga untuk berlibur.

Rapat juga menyimpulkan Libur Nasional Buruh dikecualikan bagi kegiatan pelayanan publik seperti Rumah Sakit, Bandara, Pemadam Kebakaran sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 Tahun 1987 tentang Pengupahan Bagi Pekerja Pada Hari Libur Resmi.

"Bapak Gubsu mengingatkan terhadap pekerja yang memang berada pada posisi yang mengharuskan tetap bekerja pada hari libur tersebut harus diberlakukan sistem lembur sebagaimana diatur oleh ketentuan dan peraturan berlaku," ujarnya.

Meski Libur Nasional, aktivitas kegiatan May Day yang dilakukan beberapa elemen buruh agar disikapi dan dibangun komunikasi dengan baik

Beberapa objek vital seperti : Pelabuhan Peti Kemas, Bandara KNIA, Pintu Tol, PLN, diberikan atensi khusus dalam cegah dini munculnya aktivitas unjuk rasa. Komunikasi dan Dialog antara Serikat Buruh/Serikat Pekerja  dengan Pemerintah Daerah agar terus dilakukan dengan tetap berkoordinasi dengan jajaran Polri baik formal maupun informal

Aparat keamanan tetap melakukan tindakan kontigensi secara tegas, apabila ada aktivitas buruh melanggar peraturan yang berlaku.

Menugaskan Kadis Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara agar menyurati Bupati/Walikota se Sumatera Utara, Pimpinan BUMN BUMD dan Pimpinan Perusahaan Swasta untuk mempertegas Kepres Nomor 24 Tahun 2013 tentang Penerapan 1 Mei sebagai Hari Libur Nasional dan menerapkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 Tahun 1987 dan UU Nomor 13 Tahun 2003 terhadap Pekerja yang melakukan aktivitasnya di hari libur.

Menugaskan Otoritas Bandara KNIA, Otoritas Pelabuhan Belawan, Syahbandar Pelabuhan Belawan untuk mengundang Pimpinan Air Lines, Ground Handling dan GM. Cabang Pelabuhan Belawan, GM. Belawan Internastional Continer Terminal (BICT) dalam rangka sosialisasi Kepres 24 Tahun 2013 tentang Penetapan 1 Mei sebagai Hari Libur Nasional dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 Tahun 1987 tentang Pengupahan Bagi Pekerja Pada Hari Libur Resmi.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung