Sutias : Lomba PKK Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga


Sutias : Lomba PKK Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga


Medan (Mimbar) - Ketua Tim Penggerak PKK Provsu Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho mengatakan kegiatan lomba PKK yang dikreasikan secara tepat guna dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hal itu disampaikannya pada pemaparan Pra Musrenbang TP-PKK 2014, Rabu (2/4) di hotel Grand Aston Jln Balai Kota Medan.

Menurut Sutias kegiatan lomba merupakan kebijakan Menteri Dalam Negeri. Tapi sayangnya kurang mendapat sambutan dari lembaga tersebut.

 "Lomba itu sendiri berguna untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mulai dari desa, kelurahan hingga Pemkab/Pemko dan dilanjutkan ke Provinsi,"jelasnya.

Lomba yang dilaksanakan diantaranya pemberdayaan lingkungan sekitar, kebersihan, kurangnya kesadaran bermasyarakat tentang KDRT dan Trafiking, kebersihan lingkungan dan lainnya.Tujuan lomba untuk melestarikan, mengembangkan dan meningkatkan budaya gotong royong masyarakat sebagai cermin sikap perilaku 10 program PKK. Dengan adanya kegiatan, lanjutnya maka kita semua pengurus PKK di Sumut baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

Diharapkan lebih kedepan mampu sebagai fasilitator dan motivator yang bisa menjalin kerjasama dengan pihak yang mendukung baik swasta maupun pemerintah guna meningkatkan layanan gerakan PKK kepada masyarakat sampai ke akar rumput yaitu dasa wisma.

Di sisi lain Sutias mengatakan pra musrenbang bertujuan pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang TP-PKK) tidak sekadar seremonial, tetapi harus mampu  memberi kontribusi bagi percepatan pembangunan daerah khususnya peningkatan  kesejahteraan keluarga.

Melalui peran PKK tersebut, Sutias yakin berbagai PKK bersama program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada jajaran teknis pemerintahan, seperti program pengentasan kemiskinan.

Lebih lanjut  peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, pertumbuhan ekonomi dan lainnya, bisa semakin berhasil pencapaiannya, dan tentunya diharapkan pada gilirannya program tersebut akan berkelanjutan.

 Selain itu kedepannya TP -PKK diharapkan dapat disejajarkan dengan SKPD sehingga ada alokasi anggaran untuk kegiatan PKK dan tidak  masukkan sebagai lembaga yang menerima dana hibah.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung