Gubsu Lantik Nikson - Mauliate Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Taput

Gubsu Lantik Nikson - Mauliate Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Taput

TARUTUNG - Kabupaten Tapanuli Utara resmi memiliki pemimpin baru dalam lima tahun ke depan. Pemimpin baru itu adalah Drs Nikson Nababan - Drs Mauliate Simorangkir MSi (Nikmat). Keduanya resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019 oleh Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung, Rabu (16/4).

Pelantikan dengan pengamanan super ketat dari aparat keamanan ini berlangsung aman dan lancar. Ribuan undangan hadir dalam pelantikan ini.  Tampak hadir pada acara tersebut, Anggota DPR RI Sukur Nababan, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Ketua DPRD Sumut M Affan, Ketua Tim Pengerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani, beberapa pimpinan SKPD Provsu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Taput, serta beberapa Bupati tetangga yakni Bupati Tapteng, Bupati Samosir, Wakil Walikota Sibolga serta para mantan Bupati Taput seperti Lundu Panjaitan, RE Nainggolan dan lainnya.

Karangan bunga berisi ucapan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati juga terpajang berderet di sepanjang jalan Sisingamangaraja Tarutung hingga pintu masuk Sopo Partungkoan. Ucapan selamat itu berasal dari kalangan pejabat dan tokoh pusat serta masyarakat.

Prosesi pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB  diawali rapat paripurna istimewa DPRD Tapanuli Utara dengan agenda pengambilan sumpah jabatan. Bertindak sebagai pimpinan sidang Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH MH. Dalam sidang paripurna istimewa dibacakan putusan Menteri Dalam Negeri tentang pemberhentian Torang Lumbantobing dan Bangkit Silaban SE sebagai Bupati dan Wakil Bupati Taput. Surat putusan juga mengangkat Drs Nikson Nababan sebagai Bupati dan Drs Mauliate Simorangkir MSi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Taput lima tahun ke depan.

Selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang baru. Setelah Gubernur resmi melantik, diteruskan pemasangan atribut berupa tanda pangkat serta lencana Bupati dan Wakil Bupati periode 2014-2019. Kemudian, prosesi penyerahan jabatan dari bupati lama, Torang Lumbantobing kepada Nikson Nababan sebagai bupati baru.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST MSi meminta Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik segera fokus dan mengkosolidasikan sumber daya yang dimiliki kabupaten Tapanuli Utara.Termasuk percepatan penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menjadi panduan bagai pemerintah kabupaten Taput dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

"Bupati dan Wakil Bupati harus selalu menjaga kekompakan. Agar proses pembangunan di daerahnya bisa dilakukan dengan maksimal sehingga mampu memajukan daerah yang dipimpin," harap Gubsu.

Gubsu berharap agar Bupati dan Wabup Taput  bisa merangkul berbagai elemen masyarakat. "Saudara dilantik di Sopo Partungkoan bukan di gedung DPRD Taput. Gedung ini adalah tempat pertemuan tokoh-tokoh adat, tokoh-tokoh Tapanuli Utara untuk itu kami ingatkan bahwa pelantikan ini punya makna bahwa saudara harus mengakomodir tokoh-tokoh Tapanuli Utara untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Utara," tegasnya.

Gubsu mengapresiasi pelantikan ini sebagai puncak pesta demorasi pemilukada. Pesta demokrasi telah sukses dilaksanakan sebagai hasil kerja keras semua baik KPUD sebagai penyelenggara dan Panwas sebagai pengawas untuk melahirkan pemimpim pemerintahan.
Untuk itu, pemerintah telah memberikan panduan urusan pemerintahan standart layanan minimal sebagai bupati dan wakil bupati yang akan memimpin di Kabupaten Tapanuli Utara untuk lima tahun kedepan.

Berdasarkan peraturan Menteri No. 54 tahun 2010 dalam waktu dekat ini yakni sepuluh minggu sejak kepala daerah dilantik harus mengajukan kebijakan umum dan program pembangunan jangka daerah yang merupakan rancangan awal Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD). RPJMD merupakan penjabaran terhadap visi dan misi dalam memimpin kabupaten Tapanuli Utara sebagaimana yang dijanjikan pada masa kampanye.

Tak lupa Gubsu mengucapkan terimakasih kepada Bupati Torang Lumbangtobing atas kinerjanya selama ini. Dan yang dengan gentlement meminta kepada adiknya untuk tidak menggugat ke MK pasca perolehan suara putaran kedua. Usai sambutan Gubsu, dilakukan acara pemberian ucapan selamat kepada Bupati dan Wabup yang baru dilantik. Diawali Gubsu dilanjutkan pejabat pusat dan daerah.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung