Wagubsu Apresiasi Astra dan Yamaha Peduli Pendidikan


Wagubsu Apresiasi Astra dan Yamaha Peduli Pendidikan



Medan (Mimbar) - Wagubsu Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si menyaksikan penandatanganan MoU antara perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional dengan dengan PT. Astra Internasional Tbk dan PT. Yamaha Alfa Scorpii di bidang pendidikan. Wagubsu berharap kerjasama yang membuktikan kepedulian Astra dan Yamaha di bidang pendidikan seperti ini juga bisa diterapkan ke kab/kota lain di Sumatera Utara.

Bentuk kerjasama ini menurut Wagubsu merupakan upaya yang baik untuk meningkatkan wawasan dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri dan berkualitas, hal ini juga mendukung program pemprovsu.
"Kami (Gubsu dan Wagubsu) punya cita-cita untuk mencetak atau melahirkan wirausahawan baru lima tahun kedepan," ujar tengku Erry pada acara Penandatanganan Prasasti Pembangunan Workshop SMK dan MoU Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional Medan dengan PT. Astra Internasional Tbk dan Yamaha Alfa Scorpii, Rabu (23/4) di Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional Medan.

Pada kesempatan itu Wagubsu juga berpesan bahwa suatu bangsa bisa maju dengan beberapa syarat yang diantaranya dengan menanamkan jiwa nasionalis, meningkatkan ilmu pengetahuan, menanamkan sikap disiplin dan keimanan. "Dengan hal tersebut diatas perguruan ini berkembang dan akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berakhlak," ujar Erry pada acara yang dihadiri yang mewakili konjen Jepang Tuan Suzuki, Ketua MUI Sumut, Ketua MUI Medan, Dir Bimas Poldasu Kombes (Pol) Heri Subian Sauri, S.H, M.H, M.Si, mewakili Plt Walikota Medan Kadis Pendidikan Marusutan dan undangan lainnya.

Wagubsu pada acara tersebut bangga dengan perguruan Asy-Syafi'iyah yang usianya kurang dari 4 tahun ini sudah terlihat kemajuannya dan tidak ketinggalan dengan perguruan-perguruan yang lainnya.

Ketua Yayasan Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional Medan H. M. Syafii, M.Si mengatakan bahwa perguruan Asy-Asafi'iyah pada 14 Juli 2014 ini baru berusia 4 Tahun. Perguruan ini lanjutnya baru-baru ini menamatkan siswa-siswi untuk SMP maupun SMK. "Tahun yang lalu siswa-siswi dari perguruan ini lulus 100 persen dari tingkat SMK dan tingkat SMA masuk perguruan tinggi negeri di Sumut maupun di Jawa kurang lebih 35 persen," kata M Syafii yang juga pernah menjabat sebagai kepala Biro Keuangan Setdaprovsu.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kata Syafii untuk tahun 2014 ini pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan telah memberi ijin kepada perguruan Asy-Syafi'iah Internasional untuk melaksanakan UN untuk pertama kalinya yang pada tahun sebelumnya menumpang untuk pelaksanaan UN di sekolah negeri di Kota Medan. "Perguruan ini mendapat sertifikasi nilai A," jelas Syafii.

Perguruan ini jelas Syafii setiap tahun melaksanakan pertukaran pelajar dengan pemerintah Malaysia. Telah tiga tahun pertukaran pelajar dan studi banding ini berlangsung dengan pemerintah Malaysia baik tingkat SD, SMP dan SMK yang bertujuan untuk menambah wawasan. "

Penandatanganan MoU perguruan  dengan Astra Internasional Tbk dan PT. Yamaha Scorpii bertujuan agar siswa-siswi SMK ini bisa praktek kerja di Astra dan Yamaha dan saat ini siswa-siswi dari perguruan ini praktek kerja di Astra dan Yamaha. Sebulan belajar teori dan sebulan praktek kerja di workshop Astra dan Yamaha.

Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional juga akan membangun bengkel (workshop)yang standardnya sama dengan standar bengkel Astra dan Yamaha.Pembangunan akan melibatkan konsultan pembangunan bengkel yang akan dibangun ini dari Astra dan Yamaha.

Koordinator Service Wilayah Sumatera PT. Astra Internasional Tbk Suparman mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama (link and match) dengan sekolah Menengah kejuruan di wilayah Sumatera Utara yaitu dengan melakukan Program Pembinaan dengan sekolah bertaraf internasional yang dikontrol Pemprovsu seperti Program Sub T-TEP & T-TEP di SMK Swasta Tunas Pelita Binjai, Program Astra dengan SMKN-1 PErcut Sei-Tuan dan beberapa sekolah yang akan terus dikembangkan untuk program pembinaan seperti yang akan dilakukan dengan Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional.

Kerjasama ini menurutnya untuk mengantisipasi perkembangan teknologi khususnya dunia otomotif yang bertumbuh pesat yang menuntut SDM yang berkualitas."Guru dan para siswa harus mampu dan wajib mengikuti perkembangan tekonlogi otomotif dengan selalu membangun hubungan baik dengan dunia industri  agar dapat mengupdate skill dan knowledge," katanya. 

Diharapkannya agar langkah positif Astra dapat disambut baik oleh dunia pendidikan dan pemerintah dalam pembekalan dan persiapan sumber daya manusia sehingga sasaran untuk terwujudnya SDM yang berkualitas dapat menjawab tantangan bisnis otomotif khusunya di Sumatera Utara. "Semoga dengan kerjasama ini Perguruan Asy-syafi'iyah Internasional Medan ini akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa," harapnya.

Koordinator Service Wilayah Sumatera Utara, Aceh dan Riau Zainal Arifin PT. Yamaha Alfa Scorpii mengatakan bahwa PT Yamaha Alfa Scorpii salah satu main dealer Sepeda Motor Yamaha wilayah Sumut, Aceh dan Riau telah melakukan kerjasama dengan dunia pendidikan. Kerjasama itu bahwa pihaknya telah memberikan donasi kepada 11 SMK di Banda Aceh dan 23 SMK yang ada di wilayah Riau daratan dan kepulauan. Hal ini dilakukan menurut Zainal Arifin mengingat perubahan teknologi selalu berkembang. "Kita tidak mau anak bangsa ini ketinggalan teknologi," ujarnya.

Bentuk kerjasama jelasnya, pihaknya juga membuat kelas yamaha di sekolah-sekolah seperti yang telah dilakukan kerjasama dengan pihak SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan juga akan dilakukan dengan SMK Perguruan Asy-Syafi'iyah Internasional. Untuk itu lanjutnya dengan adanya kelas yamaha ini akan melahirkan SDM yang siap pakai untuk bisa didistribusikan ke jaringan-jaringan Yamaha. "Kami siap mendukung program pemerintah dengan memperkerjakan anak-anak yang telah lulus dari SMK untuk memperkecil angka pengangguran," ucapnya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung