RAT KPUM Tolok Ukur Kinerja Setahun

RAT KPUM Tolok Ukur Kinerja Setahun

Medan (Mimbar) - Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) adalah agenda rutin setiap tahun, melalui penyelenggaraan RAT ini seluruh jajaran pengurus diharapkan dapat memberikan pertanggungjawaban hasil kerjanya selama satu tahun terakhir kepada seluruh anggota.

Hal ini dikatakan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi yang diwakili Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM pada acara pembukaan RAT KPUM tahun buku 2013, Rabu (2/4) di Medan International Convention Center jalan Gagak Hitam, Medan.

"Kita mengetahui bersama RAT koperasi merupakan agenda penting yang menjadi kewajiban pengurus untuk menyelenggarakan setiap tahun melalui penyelenggaran RAT ini seluruh jajaran pengurus diharapkan dapat memberikan pertanggungjawaban hasil kerjanya selama satu tahun terakhir kepada seluruh anggota," katanya.

Diharapkannya, melalui RAT ini diharapkan dapat memberikan hasil yang dapat meningkatkan kinerja KPUM sebagai lembaga penyelenggaraan jasa pengangkutan umum.

"Pertanggiungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa akan datang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi mengingat betapa tinggi dan pentingnya kedudukan serta fungsi RAT maka segenap anggota yang hadir selayaknya aktif memberikan berbagi masukan dalam bentuk kritik maupun saran," harapnya.

Gubsu juga menyampaikan bahwa segenap jajaran pengurus berkewajiban mempertangungjawabkan hasil kerja selama satu tahun dengan sikap terbuka dan jujur karena sesunguhnya apa yang dikelola oleh pengurus adalah titipan anggota yang harus dipertangungjawabkan dan dikembalikan sebagai sisa hasil usaha yang menjadi hak setiap anggota.

Selain itu pula, lanjutnya, pelaksanaan RAT harus pula dijadikan oleh setiap pengurus dan anggota sebagai kesempatan untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan kinerja koperasi khususnya koperasi pengangkutan umum Medan.

"Karena selama ini harus kita akui bersama KPUM telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan dimana berdasarkan laporan dari ketua KPUM bahwa KPUM selain telah berhasil menghimpun dan memberi kesempatan berusaha kepada ribuan pemilik usaha angkutan umum, pemilik taksi, pemilik beca bermotor di Medan dan Sumut juga membuka usaha-usaha penunjang yang terdiri dari unit usaha SPBU, perbengkelan, perumahan, simpan pinjam dan bank pengkeriditan rakyat," ujarnya.

Gubsu juga menekankan bahwa setelah sama-sama disaksikan penendatangan kerjasama antara asuransi kecelakaan hario siaga yang diperuntukan bagi supir, Mandor dan Karyawan KPUM yang berjumlah 2.000 orang.

"Untuk itu patut kita untuk beri apresiasi kepada KPUM atas usaha usaha pengembangannya yang telah dilakukan selama ini saya percaya bahwa pengurus KPUM sekarang akan mempu meningkatkan lagi kinerja KPUM sehingga benar-benar menjadi usaha angkutan yang modren yang dikelola secara profesional dengan memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sesuai perkembangan zaman," harapnya.

Pemerintah Provinsi Sumut, lanjutnya akan terus memberi bimbingan dan bantuan usaha agar semua koperasi di Sumut berkembang dengan baik sehinga menjadi organisasi ekonomi kerakyatan yang tangguh.

Sementara itu ketua 1 KPUM  Jabmar Siburian menyampaikan RAT tahun buku 2013 KPUM ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar pasal 28 dan 29 serta kententuan anggaran rumah tangga undang undang no 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.

"Dalam rapat ini pengurus melaporkan kinerja tahun buku 2013 sekaligus neraca rugi laba dan anggaran pendapatan tahun buku 2014," katanya singkat.

Dalam kesempatan itu, RAT KPUM tahun buku 2013 memberikan penghargan dan apresiasi kepada 15 besar Pengemudi terbaik, 20 orang anggota KPUM terbaik dan 14 orang mandor terbaik tahun buku 2013.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung