Pesta Rakyat HUT Provinsi Sumut Meriah


Pesta Rakyat HUT Provinsi Sumut Meriah


Medan (Mimbar) - Suasana perayaan ulangtahun ke-66 Provinsi Sumatera Utara berlangsung meriah. Ribuan warga memadati puncak acara pesta rakyat yang digelar di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (18/4) malam. Hadirnya band Wali  menjadi daya tarik pada perhelatan ini.

Pesta rakyat ini dimulai lepas magrib. Di awali dengan pagelaran kesenian dan budaya beragam etnik di Sumatera Utara. Kegiatan yang mengambil tema "Dengan Hari Jadi ke-66 Mari Kita Satukan Tekad, Kobarkan Semangat Untuk Sumatera Utara Bangkit dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat Sejahtera"merupakan rangkaian berbagai kegiatan menyambut HUT Sumatera Utara.

Pada malam pesta rakyat ini, Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si hadir didampingi Ketua TP PKK Sumut Sutias Handayani. Acara juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol Syarief Gunawan dan Pangdam I/BB Mayjend TNI Istu Hari S, SE. Mereka bersama-sama pada puncak acara melakukan pemotongan tumpeng dan peniupan lilin ulang tahun serta dibarengi pemukulan gendang.

Gubsu dalam sambutannya menjelaskan, pesta rakyat dan pagelaran seni budaya ini merupakan bagian rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya atas bertambahnya usia Provinsi Sumatera Utara.

"Acara malam ini tentunya bagian dari rasa syukur kita kepada Allah SWT setelah pagi tadi kita melaksanakan zikir di Masjid Agung malam ini kita melaksanakan pesta rakyat sebagai bagian dari tanggung jawab kita bersama melestaraikan seni budaya tradisional Sumut. Semoga kegiatan ini bisa mempererat silaturahim dan menjadi promosi adat budaya kita,"ujar Gubsu.

Usai menyampaikan sambutan, Gubsu didampingi Wagubsu, Kapolda, Pangdam dan Ketua TP-PKK Sumatera Utara melakukan pemotongan tumpeng. Gubsu, Wagubsu, kapolda dan Pangdam, masing-masing memotong tumpeng dan kue ulang tahun yang kemudian diberikan kepada beberapa perwakilan instansi baik pemerintah maupun TNI/Polri. 

Hadir juga dalam malam pesta Rakyat tersebut, Sekdaprovsu H. Nurdin Lubis, S.H, M.M, Ketua Dharma Wanita Persatuan Doharni Nurdin Lubis, para Asisten, staf Ahli dan Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Plt Asisten Kesejahteraan Sosial Pemprovsu DR. Drs. Arsyad, M.M melaporkan dasar kegiatan adalah berdasarkan Keputusan Gubsu nomor 188.44/KPTS/2014 tanggal 4 April 2014 tentang panitia penyelenggara HUT ke-66 Provinsi Sumut 2014.

"Tujuan pelaksanan HUT adalah sebagai momentum untuk memantapkan semangat solidaritas serta memupuk rasa kesetiakawanan masyarakat bersama pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan di Sumut yang lebih berkualitas dan berdaya saing menuju sumut yang lebih sejahtera," katanya.

Dalam HUT yang Ke-66, lanjutnya, Pemprovsu telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain, upacara serta ziarah ke makam pahlawan, sidang paripurna DPRD Sumut, peluncuran buku Sumut Bangkit, Launching lagu mars Sumut Bangkit, Doa dan zikir akbar, dan beberapa kegiatan olahraga.

Pada akhir acara, masyarakat yang hadir di pesta rakyat dihibur band Wali. Band yang digawangi Faank (Vocal), Apoy (Guitar/songs Writer), Tomi (Drum) & Ovie (Keyboard & Synt) langsung menghentak massa lewat tembang-tembang populer mereka.

"Umur 66 hampir sama umur orang tua saya, semoga Sumatera Utara yang seumur dengan ayah saya dapat memberikan keteduhan kepada kita semua ," kata Faank menyapa warga yang hadir.

Faank pun langsung melantunkan lagu pertamanya dengan judul "Cari Berkah", disusul lagu "Emang Dasar" dilanjutkan  "Nenekku Pahlawanku" hingga diakhiri dengan lagu "Cari Jodoh". (#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung