Forum Sumatera Jepang Tawarkan Project People to People



Forum Sumatera Jepang Tawarkan Project People to People 

Medan (Mimbar) - Forum Sumatera Jepang ingin menawarkan project people to people kepada masyarakat Sumatera Utara. Keinginan tersebut disampaikan dengan beraudiensi kepada Pemprovsu, Jumat (5/12) di Kantor Gubsu.

Kunjungan tersebut diterima Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir. H. Tengku Erry Nuradi MSi yang didampingi Kadis PSDA Provsu Ir Dinsyah MM, Staf Ahli Gubsu Ir Riadil A. Lubis, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu Agustono dan Kabid Aptel Diskominfo Provsu Eli Suhaeriyah.

Pada kesempatan Tengku Erry menyampaikan bahw Pemprovsu menyambut baik keinginan forum ini untuk menawarkan project People to People yaitu menawarkan teknologi kepada masyarakat di Sumatera Utara. Seperti diketahui, lanjut Tengku Erry antara Indonesia Jepang selama ini telah melakukan kerjasama di berbagai bidang seperti pertanian dengan Kabupaten Serdang Bedagai, Peternakan dengan Kabupaten Langkat, Energi dengan Kabupaten Tapanuli Utara dan sedang dilaksanakan kerjasama dibidang lingkungan hidup yaitu pengelolaan sampah untuk kompos dengan pemko Medan. "Diharapkan kerjasama yang sudah terjalin untuk terus ditingkatkan," ujar Erry.

Untuk teknologi air bersih yang ditawarkan forum ini, dan di Jepang telah dilaksanakan selama berabad abad dan peralatannya juga cukup sederhana, Tengku Erry menyarankan agar dibuat  workshop dengan mengundang kelompok masyarakat khususnya masyarakat yang sulit memperoleh air bersih dengan melibatkan instansi-instansi terkait seperti Bappemas, PSDA, Tarukim, Pertambangan dan Energi dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat mengetahui bagaimana teknologinya dan manfaatnya bagi masyarakat Sumut yang kesulitan memperoleh Air Bersih. "Pemprovsu sebagai wakil pemerintah pusat sifat koordinasi dengan kabupaten dan kota yang ada di Sumut," ujar Tengku Erry.

Sementara itu rombongan Forum Sumatera Jepang yang dipimpin Konsulat Jenderal (Kojen) Jepang di Medan  Yuji Hamada, Sekretaris Konjen Jepang Mariati, ketua Forum Sumatera Jepang Tengku Kemala Intan, anggota Forum Sumatera Jepang H J Umeda, Rismaja Putra, dan Listiani Nurul Huda. mengatakan bahwa pihaknya berkeinginan untuk terus melakukan kerjasama kepada Pemprovsu. Dan kedatangan kali ini ingin menawarkan project people to people dengan teknologi yang mempergunakan peralatan yang cukup sederhana dan murah yakni dari bambu. Dengan teknologi ini lanjutnya akan dapat diperoleh air bersih dari dalam tanah hingga 1400 meter. Dan teknologi ini menurutnya sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ada sekitar perairan pantai.

Dia juga mengatakannya bahwa pihaknya juga menawarkan kerjasama dibidang perikanan dengan menawarkan pemberian nitrogen cair untuk ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan sehingga hasil tangkapan bisa bertahan hingga beberapa tahun. "Dengan nitrogen ini suhunya bisa mencapai 290 derajat," ujar Hamada.

Dibidang lingkungan hidup pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan pemko medan dibidang pengelolaan sampah menjadi kompos. "Kita akan buat kompos center kerjasama dengan Medan yang berlokasi di Sicanang," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya masih terus menginginkan melakukan kerjasama dibidang lainnya dengan Sumatera Utara. Karena menurutnya Sumatera Utara mempunyai banyak potensi. "Kami mengharapkan Pemprovsu dapat membantu dan mendorong project people to people  dapat dilaksanakan dengan kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung