Try Sutrisno Apresiasi Gubernur, Sumut Mercusuar Kedamaian Nasional



Try Sutrisno Apresiasi Gubernur, Sumut Mercusuar Kedamaian Nasional
*Nurdin Lubis dilantik jadi Ketua Umum DHD '45 Sumut

Medan (Mimbar) - Wakil Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) H Try Sutrisno menyampaikan apresiasi kepada Gubsu H Gatot Pujo Nugroho bersama seluruh masyarakatnya mampu menjadikan Sumut mercusuar kedamaian nasional. "Jujur saya kagum atas kedewasaan dan konsistensi pemimpin di Sumut, baik pemimpin formal maupun informal khususnya para pejuang dan tokoh-tokoh kebangsaannya, mampu merangkul masyarakat hidup rukun damai," tegasnya di Aula Martabe Kantor Gubsu di Medan, Kamis (4/12).

Try Sutrisno pada kesempatan ini menyaksikan Pengukuhan Kepengurusan DHD '45 Sumut masa bakti 2014 - 2019 yang diketuai H Nurdin Lubis SH MM. Pelantikan dilakukan Ketua Umum Dewan Harian Nasional (DHN) '45 Letjen TNI (Purn) di hadapan Gubsu dan tokoh-tokoh strategis Sumut lainnya pada acara yang dirangkai dengan Dialog Kebangsaan Isu-isu Aktual tersebut, Try panjang lebar memaparkan yang dibutuhkan saat ini adalah tokoh yang mampu memberi kedamaian kepada bangsa.

 Kedamaian dan kerukunan nasional lanjutnya akan terwujud apabila semua komponen tetap komit dan konsisten terhadap jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945 yang harus kuat di dada setiap generasi ke generasi.   "Jadi kita semua, terutama para pemimpin bangsa harus mampu mendamaikan rakyat untuk mewujudkan ketentraman dalam bermasyarakat. Dan dalam situasi dan kondisi apa pun, pemimpin itu harus siap menyelesaikan berbagai persoalan yang sedang dihadapi, termasuk berbagai persoalan berbau suku, agama, ras dan antargolongan (SARA),"  ujarnya.

Semua pihak lanjutnya harus memiliki komitmen yang sama untuk menegakkan Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Bangsa kita mesti demokratis, namun penerapannya harus tertib dan aman damai," kata Try Soetrisno.


Dengan bimbingan Gubsu, Try optimis Nurdin Lubis yang birokrat senior ini mampu membawa bahtera DHD '45 terus menjadi agen perubahan dalam masyarakat terutama dalam hal melestarikan jiwa dan semangat nilai-nilai perjuangan '45.

Dikatakannya  jiwa, semangat dan nilai-nilai perjuangan'45 harus terus di sosialisasikan kepada masyarakat. Pengalaman-pengalaman di masa lalu saat merebut kemerdekaan harus terus diberikan kepada generasi muda agar semangat nilai nilai perjuangan '45 tidak memudar.

Gubsu juga sependapat seraya mengatakan perkembangan globalisasi tidak hanya memberikan dampak positif tapi juga memberi  banyak dampak negatif. Dia berharap DHD '45 Sumut dapat benar-benar mengimplementasikan program program baru untuk menghempang efek negatif globalilasi. Dia juga mengatakan semangat nilai nilai perjuangan '45 harus terus dilestarikan. Eksistensi DHD '45 menjadi salah satu cara untuk terus melestarikan semangat 45.

Pewarisan dan pembudayaan  semangat dan nilai nilai perjuangan '45 tidak hanya menjadi tanggung jawab  para pejuang yang memikul senjata tapi juga setiap orang yang memiliki semangat perjuangan '45.

Gubsu juga berharap dengan dikukuhkannya Kepengurusan Dewan Harian Daerah (DHD) "45 Provinsi Sumatera Utara menjadi alat pemersatu bagi tokoh-tokoh di Provinsi Sumut guna membangun Provinsi Sumatera Utara menuji Provinsi yang berdaya saing, maju dan lebih sejahtera.

Hadir dalam Pelantikan sekaligus  dialog publik pemecahan isu-isu aktual tema Revitalisasi Jiwa Semangat dan Dalam Mewujudkan Revolusi Mental dan Daya Saing Bangsa yakni Ketua Dewan Kehormatan DHN 45 Jend(Pur) Try Sutrisno beserta Istri, Ketua Umum DHN 45 Letjen (Purn) Ramli Hasan Basri beserta segenap penesehan dan pengurus DHN 45, diantaranya Jenderal TNI (Purn) Widjojo Soejono, Jenderal Pol (Purn) Widodo Budidarmo yang pernah menjabat Kapolri, Letjend (purn) Noor Aman, Irjen Pol (Purn) Djamer E Haloho,Mayjend TNI (Purn) Maksum Amin yang adalah Sekjend DHN 45 dan Letjend (Purn) Wijoyo Sujono, segenap FKPD Sumut, Plt Sekdapovsu Hasiholan Silaen dan pimpinan SKPD Provsu.

Usai pelantikan, Gubsu juga membuka secara resmi dialog publik pemecahan isu-isu aktual tema Revitalisasi Jiwa Semangat dan Dalam Mewujudkan Revolusi Mental dan Daya Saing Bangsa. Dalam kesempatan itu pula, Gubsu menyerahkan dua buah buku yakni Buku Sumut Bangkit dan buku 11 pahlawan nasional asal Sumut kepada para narasumber dan perwakilan yang hadir.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung