Gubsu Pimpin Upacara HUT Ke-43 Korpri di Lapangan Merdeka Medan



Gubsu Pimpin Upacara HUT Ke-43 Korpri di Lapangan Merdeka Medan

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi memimpin Upacara HUT ke-43 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2014, di Lapangan Merdeka Medan, Senin (1/12).

Peringatan HUT ke-43 Korpri ini mengangkat tema: 'Memperkokoh Jiwa Korps, Profesionalitas dan Integritas Aparatur Sipil Negara sebagai Anggota Korpri guna Mendukung Kepemimpinan Nasional Menuju Bangsa yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat'.

Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo selaku Penasehat Nasional Korpri yang dibacakan oleh Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengatakan, dengan telah terbitnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), organisasi Korpri akan bertransformasi menjadi Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korps ASN RI). 

Dengan tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi Aparatur Sipil Negara, serta mewujudkan jiwa korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.
Untuk itu sebagai organisasi yang merupakan bagian integral dari pemerintahan, Presiden meminta fungsi-fungsi sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang Aparatur Sipil Negara dapat diwujudkan secara bertahap dengan tetap berpedoman pada amanat Panca Prasetya Korpri.

Pada HUT yang ke-43 ini, Presiden berpesan kepada jajaran Korpri untuk dapat menjadi guru, menjadi tauladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat. Memahami dan melaksanakan penataan birokrasi yang menjadikan birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi. Percepatan perubahan budaya kerja untuk seluruh anggota Korpri menuju pola pikir dan budaya kerja aparatur negara yang lebih gigih, cerdas, inovatif, dan tanggap terhadap dinamika perubahan lingkungan strategis. 

"Berikan pelayanan birokrasi yang makin cepat, makin akurat, makin murah dan makin baik. Tinggalkan mentalitas priyayi atau penguasa. Jadilah birokrat yang melayani dan mengabdi dengan sepenuh hati untuk kejayaan bangsa dan kesejahteraan rakyat," kata Gubsu.

Lebih lanjut dikatakan, jaga kode etik profesi, pedomani sumpah jabatan dan pegang teguh komitmen Panca Prasetya Korpri. Buktikan kepada masyarakat bahwa integritas dan kinerja aparatur negara semakin berkualitas dan dapat dibanggakan.

Usai membacakan Sambutan Presiden RI, Gubsu saat diwawancarai Wartawan  mengucaplkan selamat Hut Korpri. "Selaku pembina Korpri Sumut saya ingin mengingatkan kepada seluruh pegawai negeri karena mereka adalah orang-orang terpilih maka kesadaran mereka sebagai orang terpilih untuk  bekerja dengan lebih sungguh sungguh lagi dan bekerja, bekerja bekerja lebih baik lagi," ujarnya.

Seperti pidato presiden RI, lanjutnya PNS jangan memposisikan diri priyayi artinya ingin dilayani dan dihormati tetapi PNS adalah memposisikan diri sebagai pelayan yang melayani masyarakat dengan efisiensi kerja yang lebih baik lagi," harapnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Korpri Sumut H Nurdin Lubis SH MM bahwa PNS harus menciptakan kebersamaan dan peningkatan profesionalisme serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita himbau kepada seluruh anggota korpri untuk mengimplementasikannya pengarahan dari pak presiden yakni kita harus mengedepankan prinsip memperbaiki. Memang kita sudah baik tapi kita harus lebih baik lagi," harapnya.

HUT ke-43 Korpri tahun 2014 yang dihadiri oleh Wagubsu HT Erry Nuradi MSi, Ketua DPD Korpri Sumut H Nurdin Lubis, SH, MM, Plt Sekdaprovsu Hasiholan Silaen, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan ribuan PNS baik dari Pemprovsu, Pemko Medan dan Instansi lainya. 

Dalam peringatan HUT ke-43 Korpri dilakukan acara tambahan yakni penyerahan piagam penghargaan oleh Gubsu kepada PNS/Staf teladan di Lingkungan Pemprovsu sebanyak 49 orang. Penyerahan santunan dari Dewan Pengurus Korpri Provsu dari iuran wajib pejabat eselon IV,III, dan eselon I Pemprovsu kepada PNS dan keluarga anggota Korpri Sumut yang meninggal dunia sebanyak 15 orang. Penyerahan dana Klaim tabungan hari tua (pensiun) dari PT Taspen Cabang Medan serta penyerahan hadiah pemenang lomba paduan suara mars Sumut Bangkit, dimana liriknya diciptakan oleh Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi.

Selain itu, juga diumunkan pemenang lomba pengucapan panca prasetya Korpri, lomba pengucapan 5 perintah harian Gubsu,lomba catur, Lomba Bridge, lomba menyanyi solo, lomba menghias nasi tumpeng lomba merangkai bunga, lomba meronce manik, dan lomba balita sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung