Sutias Paparkan Program di Ajang Lomba Apresiasi Bunda Paud Berprestasi



Sutias Paparkan Program di Ajang Lomba Apresiasi Bunda Paud Berprestasi

Yogyakarta (Mimbar) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumatera Utara Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho berlaga pada ajang pelombaan Apresiasi Bunda Paud Berprestasi Tahun 2014 Tingkat Nasional.  Kamis malam (4/12) di Hotel Jambuluwuk Malioboro Jogyakarta. Sutyas memaparkan berbagai program pengembangan PAUD Sumut di hadapan para dewan juri. 

Dalam lomba yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Sutias juga menjelaskan Angka Partisipasi Kasar  paud usia 3-6 tahun sebesar 63,01 persen. Tingkat partisipasi kasar Sumut itu urutan ke 11 dari 33 provinsi se- Indonesia dengan angka 64,76.

Dijelaskannya, target Provinsi Sumatera Utara dalam layanan Paud hingga tahun 2015 adalah mencapai APK Paud untuk kelompok anak 3-6 mencapai sebesar 84,76 persen. Pencapaian target tersebut harus didukung dengan ketersediaan masyarakat untuk menyertakan anaknya khususnya usia 3-6 tahun ke satuan Paud yang ada.

Acara pelombaan Apresiasi Bunda Paud Berprestasi Tahun 2014 ini digelar mulai tanggal 4-6 Desember ini akan ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Bunda PAUD yang dianggap memiliki kinerja terbaik pada tahun 2014.

Di hadapan juri yang terdiri atas para praktisi, penggiat  dan pemerhati PAUD diantaranya Dr Bagus Satriya Budi, M Kes dan Sinung Widodo, Sutias juga menjelaskan berbagai kendala yang dihadapi dalam pengembangan PAUD. Prmasalahan Paud yang masih sangat mendasar yang dihadapi yaitu masalah pemerataan akses maupun mutu. "Pemerintah terus berupaya untuk memberikan perhatian terhadap penyelenggaraan program Paud Sumut diantaranya dalam rangka peningkatan pemerataan akses layanan paud hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Sumut," jelasnya

Sutias yang mendapat nomor pertama dalam pemaparan menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan Bunda Paud Sumut mulai mengajak organisaasi mitra untuk membantu penyelenggaraan paud. "Bunda Paud juga mengajak organisasi mitra untuk mensosialisasikan program paud, mengajak organisasi mitra untuk mengintegrasikan kegiatan paud dengan bidang-bidang lainnya, kesehatan dan gizi. Kita menyertakan Dinas Kesehatan dan BKKBN," paparnya.

Pada kesempatan itu salah satu juri mempertanyakan keberadaan Mitra Paud dan hubungannya dengan pihak swasta. Sutias memastikan bahwa kegiatan dan kerjasama yang dilakukan bersama mitra PAUD untuk mendukung keberhasilan program PAUD.
Beberapa Mitra kerja Bunda PAUD yang bekerjasama diantaranya Himpaudi Wilayah Sumut, IGTKI-PGRI Provsu, Aisyiyah Sumut dan pihak swasta diantaranya  PT Bank Mandiri (persero) Tbk, PT Kalbe Nutritional Medan (susu zee), Perusahaan Art Line dan Pelikan, Bharlind Music Center, PT Suntory Garuda Beverage, PT Penerbit Erlangga Wilayah Sumut, PT Mas Media Buana Pustaka, Penerbit cv Mitra Medan, PT Deya Medica, PT  Faber-castell Wilayah Sumut. "Peran Mitra Paud Sumut mulai membantu buku pelajaran hingga pegelaran musik, susu dan berbagai perlengkapan sekolah,"jelas Sutias kembali.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung