Wagub Minta PMIB Ikut Berperan Majukan Sumut


Wagub Minta PMIB Ikut Berperan Majukan Sumut


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. T. Erry Nuradi, S.T, M.Si meminta kepada Pemuda Maluku Indonesia  Bersatu (PMIB) Sumut berperan aktif dan  berkarya dalam pembangunan Sumatera Utara. Hal ini disampaikannya pada saat menerima audiensi PMIB Sumut, di ruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (8/4) .

Wagub mengatakan Sumatera Utara memiliki beragam etnik dengan 3 kelompok yakni  kelompok lokal yakni suku yang ada di Sumut, kelompok nusantara adalah suku yang berasal dari luar Sumut serta kelompok panca negara berasal dari  arab, India, cina, PMIB sendiri adalah kelompok nusantara. 

Dengan keragaman etnik inilah membuat Sumut lebih unggul daripada provinsi juga sebagai daerah yang heterogen. Hal ini Membuat daya saing jadi lebih baik untuk maju kedepan. Oleh karena itu PMIB harus berbaur dengan kelompok etnik lainnya di Sumut agar sama-sama membangun Sumut.

Maka kehadiran PMIB di Sumut sejak 8 tahun silam menambah corah keragaman suku di Sumut. Terlebih lagi tak sedikit warga Maluku berkarya dalam pembangunan Sumut, mulai dari olah raga, hingga di pemerintahan. "Artinya warga keturunan Maluku sudah membuat Sumut menjadi daerah kelahiran mereka juga," paparnya.

Pada audiensi itu PIMB SUmut yang dihadiri Ketua terpilih Fitri Noya didampingi Yoshua Oben De Fretes (Sekertaris) Erlina (bendahara), Roy  Oppier (Humas), Arie Ayal (Wakil Ketua), Labriona Agustina (Bidang Sosial) Mansye Papilaya (koperasi) dan Wlly Pattikawa (Wakil Mitra kebidangan).

Pada kesempatan itu Fitri datang untuk menyampaikan laporan hasil Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) I BPD PMIB Sumut yang sudah berlangsung pada 26 Januari 2014 lalu. Dan hasil Mukerda tersebut tidak hanya menetapkan Fitri Noya sebagai Ketua BPS PMIB serta pengurus lainnya, juga memiliki agenda kerja diantaranya ziarah ke makam pahlawan, pesta rakyat  yang tak hanya diisi dengan memperkenalkan kebudayaan juga kegiatan sosial seperti donor darah.

"Ziarah ke Makam Pahlawan ke Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan sudah menjadi agenda tahun, yang dilakukan pada tanggal 15 Mei sebagai peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura," papar Fitri.

Memperingati hari Pattimura sendiri, menurutnya, untuk mencari Pattimura-Pattimura baru, sesuai tema kegiatan semangat kepahlawanan Pattimura untuk menjadi semangat baru bagi Pattimura Pattimura muda dalam membangun bangsa dan sub tema agar semangat kebangsaan bertumbuhan bagi generasi muda didalam keikutsertaan membangun bangsa dalam bingkai NKRI.

Selain itu PMIB Sumut merupakan  wadah bagi warga keturanan Maluku, ada yang asli merantau dari Maluku adapula yang keturuanan dan lahir di Sumut. "Organisasi Warga Maluku sendiri sudah tersebar di 25 provinsi di Indonesia dan terbentuk sejak tahun 2008. Merasa turut adil untuk memajukan Sumatera Utara sebagai daerah kelahiran kedua selain Maluku," jelasnya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung