Wagubsu Hadiri Malam Kesenian Masyarakat Batubara Di PRSU


Wagubsu Hadiri Malam Kesenian Masyarakat Batubara di PRSU


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tenggu Erry Nuradi, M.Si menghadiri acara Malam Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Batubara di Panggung Utama Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan, Rabu Malam (2/4).

Acara malam kesenian Masyarakat Batubara berlangsung meriah yang diisi dengan pertunjukan khusus kesenian Melayu dari Batubara. Hadir juga Wakil Ketua PKK Sumut Hj. Evi Diana Erry Nuradi, Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnaen bersama Ny Khadijah OK Arya, Wakil Bupati Batubara H. Raden Mas Harry Nugroho, Sekda Batubara dan para kepala SKPD, Camat se Batubara, Kepala Desa, tokoh masyarakat/adat serta ribuan warga 

Acara malam kesenian Batubara tersebut menampilkan beberapa jenis tarian Melayu oleh penari remaja dan pelajar daerah itu yang dikemas tokoh seni Batubara. Tak Kalah meriahnya, Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain turut menghibur bersama Wagubsu Tengku Erry Nuradi. 

Semarak  malam kesenian Batubara di PRSU semakin meriah setelah hadirnya artis ibukota Edy Silitonga yang turut tampil di acara tersebut menghibur warga Batubara dengan beberapa tembangnya.

Wagubsu dalam sambutannya menyampaikan apresiasinnya terhadap digelarnya malam kesenian masyarakat Batubara.

"Sebagai masyarakat Batubara ini ternyata mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dan malam ini dapat kita lihat beragam seni yang akan ditampilkan," ujarnya.

Perkembangan kabupaten Batubara, lanjut Wagubsu sangat luar biasa.

"Saya sebelum menghadiri acara pagelaran seni ini kami meninjau stand Batubara yang mempunyai ciri khas dengan bangunan kayu yang berdiri gagah diantara stand lainya. Disamping iru banyak dipajang kerajian masyarakat khususnya songket yang beraneka ragam warna," ujar Wagubsu.

Oleh karena itu, dirinya berharap songket yang merupakan kebanggan. Masyarakat Batabara dan juga kebanggan masyarakat Sumut terusa dikembangkan.

"Kami berharap pemerintah daerah terus bisa memberikan bantuan dan mengembangkan kerajinan masyarakat Batubara yang sudah lama turun temurun tentunya Sumut yang multi etnis dan budaya kita mengenal ulos dan songket yang bisa menjadi andalah provinsi Sumut," harapnya.

Tentu, lanjutnya lagi, ulus sudah kita kenal bahkan sampai go internasional Songket juga kita harap juga begitu bahkan mungkin bisa melebihinya," harapnya lagi.

Sebelumnya Bupati Batubara dalam sambutannya mengatakan, membangun Batubara melalui seni budaya merupakan salah satu sektor yang dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat.

Menurut OK Arya, pegelaran kesenian Melayu Batubara yang digelar di Medan itu merupakan kesempatan yang diberikan pihak yayasan PRSU setempat.

OK Arya mengajak masyarakat Batubara untuk meyaksikan dengan tertib secara bersama-sama penampilan para seniman dan pekerja seni dalam berkreasi menggali dan mengangkat budaya daerah Batubara.

"Malam ini kita akan menyaksikan bernbagai kesenian budak-budak Batu baro yang menunjukan atraksinya. kami menyadarai belum bisa banyak berbuat. Karena Batubaro yang baru seumur jagung," katanya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung