Jelang Pemilu Gubsu Tinjau Persiapan TPS


Jelang Pemilu Gubsu Tinjau Persiapan TPS


Medan (Mimbar) - Sehari jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Legislatif, Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si, bersama Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Ketua KPUD Sumatera Utara bersama-sama meninjau persiapan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di wilayah Kota Medan, Selasa (8/4). Dari pantauan persiapan sarana prasarana termasuk logistik pemilu berlangsung lancar.

Bertolak dari rumah dinas Gubernur, rombongan memulai kunjungan ke TPS VII Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun. TPS yang dibangun sederhana di sebuah tanah lapang ini memiliki DPT 480 orang.Gubsu dan Walikota Medan begitu tiba langsung mendapat penjelasan dari panitia setempat. Gubernur terlihat memperhatikan panitia menyelesaikan pemasangan tenda, mempersiapkan bilik suara dan menyusun meja-meja.

Kepala KPPS Ihsan kepada Gubsu melaporkan, hingga Selasa siang   seluruh kertas undangan pencoblosan ( C6) sudah diserahkan seluruhnya kepada masyarakat.

Setelah meninjau selama 15 menit, rombongan melanjutkan peninjauan ke TPS 2 Anggrung, Kecamatan Medan Polonia Jalan Masdulhak.
Ditempat ini Gubsu juga menyempatkan berdialog dan menanyakan kesiapan penyelenggaran Pemilu.

Ketua KPPS M Sembiring melaporkan kepada Gubsu bahwa TPS 2 Anggrung ada 2.678 DPT. Namun hingga Selasa siang belum seluruh kertas C6 didistribusikan ke warga. Panitia banyak menemukan rumah dalam kondisi kosong karena penghuninya pergi kerja atau keluar kota.

"Baru 60 persen kita serahkan kepada pemilih, sebagain belum karena maklum pak disini penduduknya sering pergi ke luar negeri dan tak tahu kembalinya. Besok panitia akan tetap proaktif, jika ada yang datang dan membawa KTP yang sesuai akan kita layani," kata Sembiring.

Dari Medan Polonia, Gubsu dan rombongan bertolak ke TPS 54 kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal yang memiliki DPT 411 orang. Untuk menarik antusiasme warga, panitia mendekorasi TPS dengan beragam tanaman. Panitia juga mempersiapkan TPS agar nyaman bagi pemilih.

"Ini atas swadaya masyarakat, dan semua warga di sini turut membantu. Agar tempat ini nyaman indah dan dapat ditiru TPS lain juga tambah berminat ikut memilih," Kata ketua KPPS Pertumbuken Sembiring.

Di setiap TPS yang dikujungi, Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si didampingi Plt Walikota Medan beserta jajaran muspida lainnya, berdialog seputar kesiapan TPS menjelang Pileg 2014 dengan petugas yang tengah mempersiapkan tempat pemungutan suara.

Ditemui usai melakukan peninjau tempat pemungutan suara, Gubsu mengakui persiapan TPS sudah mantap. Gubsu menghimbau  kepada petugas untuk bekerja secara profesional dan memberi kenyamana bagi pemilih pada hari pencoblosan besok.

Dia juga berharap kepada masyarakat untuk datang ke TPS dan mengawasi hasil penghitungan suara karena kita inginkan pemilu yang jujur, bersih dan adil.

"Kepada seluruh pinpinan daerah diminta memonitor pelaksanaan pemilu. Termasuk memantau TPS penyadang cacat, lapas dan TPS pengungsi Sinabung," ujarnya.

Gubsu menambahkan seluruh pimpinan daerah di Sumut siap mengamankan pemungutan suara dan perhitungan suara. Kepada lapisan masyarakat juga harus ikut menciptakan suasana kondusif, sehingga pemilu benar-benar bisa menjadi pesta suka cita bagi semua masyarakat Sumut.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung