Sumatera Loom Ajang Promosi Daerah



Sumatera Loom Ajang Promosi Daerah


Medan (Mimbar) - Sumatra Loom diharapkan mampu menjadi ajangan promosi daerah khususnya Sumatera Utara. Hal itu sampaikan Wagub H. T. Erry Nuradi, ST, M.Si pada peresmian Galery Sumatra Loom, Jumat (21/3) di Jalan Hasanuddin Medan.

Pada kesempatan itu Wagub yang mewakili Gubsu, selaku Pemerintah Provinsi memberi aspresiasi besar atas kehadiran Sumatra Loom sebagai upaya melestarikan budaya bangsa yang begitu bernilai.

Dengan itu Sumatera Utara yang memiliki 33 kota/kabupaten memiliki beragam kebudayaan dan tentunya hasil kerajinan kain daerah. "Galeri ini diharapkan bisa mewakili Sumatera Utara diajang nasional hingga international sebagai daerah yang kaya akan kain tenun daerah," katanya.

Selain itu dengan berbagai tenun atau ulos membuat Sumut menjadi daerah yang tak hanya kaya akan kebudayaan dan kuliner. Dan diharapkan  menjadi ajang pariwisata dan kebudayaan sehingga membuat Sumut menjadi daerah pariwisata kedepan nantinya.

Sementara Torang Sitorus pemilik Galery Sumatra Loom mengatakan Museum Sumatra Loom Medan, didirikan dengan menghadirikan berbagai koleksi kain tradisional ulos serta berbagai kain tradisional lainnya dari kepulauan Sumara.

"Ini berawal dari tradisi keluarga, ibu saya sangat suka membawa kain tenunan (ulos) setiap dia berkunjung. Sehingga memotivasi saya untuk membuka suatu tempat juga sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat tentang kain /tenunan  daerah," kenangnya.

Selain itu museum Sumatera Loom merupakan meseun pertama di Medan yang berfokus pada pelestarian kain tradisional sumatera dn digagas.Galery Sumatra Loom yang diresmikan oleh ketua Cita Tenun Indonesia Okke Hatta  Rajasa merasa kagum atas kepedulian Torang Sitorus.

Sebagai putra Sumatera Utara tidak hanya mampu menampilkan seluruh tenun berbagai daerah. Juga memadu padankan warna, sehingga ulos yang dulunya bercorak hitam dan warga gelap lainnya. Kini bisa menampilkan dengan berbagai warna.

Tak hanya itu popularitas kain Nusantara semakin melambung tinggi baik didalam maupun di luar negeri. "Ini kesempatan kita sebagai putra daerah dan bangsa untu memajukan negeri dengan menampilkan berbagai kerajinan khususnya kain tenun," paparnya. (#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung