Medan Siapkan Menghadapi AFTA 2015

Medan Siap Menghadapi AFTA 2015

 
Medan (Mimbar) - Forum  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2015 telah membahas berbagai masalah, tantangan dan isu strategis  pembangunan kota baik yang berskala lokal, regional maupun nasional. Tujuannya untuk memperoleh persepsi, kesepakatan serta komitmen tinggi terhadap berbagai permasalahan pembangunan mulai tingkat kelurahan, kecamatan maupun kota.

Selain itu merekomendasikan berbagai formulasi kebijakan yang diperlukan bagi penetapan arah dan kebijakan umum pembangunan kota serta strategi dan prioritas anggaran tahun 2015.  Kemudian merumuskan berbagai alternatif program dari masing-masing bidang pembangunan yang diprioritaskan, termasuk kumpulan usulan kegiatan untuk tahun 2015.

Hal itu disampaikan Plt Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si ketika menutup Forum Musrenbang RKPD Kota Medan tahun 2015 di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu (19/3). “Berbagai isu dan alternatif strategis ini tentunya akan menjadi masukan penting dalam penyusunan arah dan kebijakan umum serta  struktur  dan formulasi  APBD Kota Medan  tahun 2015,” kata Eldin.

Dalam forum ini, ada poin penting yang dihasilkan yakni tercapainya kesepakatan dengan segenap  stakeholders pembangunan kota yang mengikuti Musrenbang ini sebagai  potensi dan sumber daya pembangunan kota. Hal ini  bisa terwujud didasarkan kepada pemahaman  yang kuat tentang perlunya peran aktif seluruh pelaku pembangunan kota yang berdaya saing.  “Untuk itulah atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya  atas partisipasi yang telah diberikan tersebut.

Berdasarkan proses perencanaan yang telah dilaksanakan, Eldin mencatat ada beberapa hal penting dari pelaksanaan Musrenbang kali ini. Disamping  dinilai lebih aspiratif, juga punya spirit sehingga dapat menggambarkan berbagai catatan pokok pembangunan kota yang semakin mencerminkan  kebutuhan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Kemudian, partisipasi dan semangat  para peserta mampu mendorong forum ini menghasilkan kesepakatan tentang arah kebijakanprogram dan kegiatan prioritas pembangunan kota tahun 2015 secara demokratis dan rasional.  Lalu komitmen moral dalam proses perencanaan pembangunan kota diharapkan mampu terus membangun kota ini lebih baik pada masa yang akan datang.

Hal ini Eldin kembali menggaris bawahi,  kegiatan pro rakyat  seperti infrastruktur jalan, perbaikan drainase, peningkatan kesejahteraan UMKM,  kesehatan masyaraka serta peningkatan kualitas pendidikan harus menjadi skala prioritas  dalam pembangunan yang harus dilakukan. Selain itu membuka seluas-luasnya peluang investasi  kepada para investor guna terciptanya lapangan kerja.

“Untuk kawasan Medan Utara, tahun ini kita  sudah ada Detail Enginering Design (DED) untuk memulai perencanaan pencegahan banjir rob. Pembangunannya akan direncanakan tahun 2015 yang dilanjutkan dengan pembangunan tanggul. “Diharapkan dengan kehadiran tanggul ini, Insya Allah jika terjadi banjir rob tidak akan menggenangi rumah warga di Belawan dan sekitarnya,” ungkapnya seraya menambahkan akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur guna menarik para investor untuk berinvestasi.

Kepala Bappeda Kota Medan Drs. Zulkarnain M.Si mengatakan, siap untuk menghadapi era ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015 yaitu era bebas perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Untuk itu dia mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan kota karen mau meluangkan waktunya memberikan perhatian penuh dan kesungguhan luar biasa dalam penyelenggaran Musrenbang kali ini. (08)
 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung