Mahasiswa UISU Kembali Demo

Mahasiswa UISU Kembali Demo


Medan (Mimbar) - Konflik dualisme birokrasi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang berkepanjangan dan hingga kini belum juga menunjukkan titik terang, ternyata kembali mencuat. Ratusan mahasiswa UISU Al Munawarrah mengamuk dan memprotes pihak birokrasi, Rabu (26/3) pagi menjelang siang. Ratusan mahasiswa itu marah kepada birokrasi UISU Al Munawwarah lantaran tak kunjung diwisuda.

Massa yang didominasi Fakultas Hukum UISU Almunawarrah mengusai kampus yang berada di Jalan Sisingamangaraja, dekat persimpangan Jalan Pelangi. Sebelum menguasai kampus, massa melakukan orasi di persimpangan traffic light sembari membakar ban bekas dan memblokir Jalan Sisingamangaraja yang menuju kawasan Amplas. Akibatnya, arus lalu lintas pun macet total karena terjadi penumpukan kendaraan yang ingin melintas di jalan tersebut.

Setelah hampir satu jam melakukan orasi, massa akhirnya dipaksa bubar oleh personel Polsek Medan Kota yang turun ke lokasi. Selanjutnya, massa menguasai kampus dengan mensterilkan pihak birokrasi UISU Al Munawarrah.

Di dalam kampus tersebut, massa kembali menyuarakan aspirasinya dengan menggunakan alat pengeras suara. Mereka menyatakan sikap kepada birokrasi UISU Al Munawarrah terutama para pimpinannya untuk komit terhadap penyelesaian konflik UISU.

"Kemudian, bagi yang tidak sepakat terhadap nota kesepahaman silahkan keluar dari UISU. Terakhir, unsur Muspida diminta harus segera menyelesaikan konflik UISU," ujar Koordinator Aksi Saptono melalui Juru Bicara massa, Toha Panjaitan kepada wartawan di depan kampus UISU Al Munawarrah.

Menurut mahasiswa semester VIII Fakultas Hukum UISU ini, sesuai nota kesepahaman bahwasanya akademika UISU telah menyatu. Akan tetapi, jika ditinjau kembali sebagian wakil dekan yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja tidak mematuhi peraturan yang telah ditetapkan UISU.

"Ini jelas sangat merugikan mahasiswa dan ini yang menyebabkan rasa kurangnya percaya mahasiswa terhadap pimpinan UISU. Untuk itu, kami minta agar pimpinan UISU harus komit atas penyatuan UISU dan segera mengeluarkan dekan maupun wakil dekan yang tidak mendukung penyatuan UISU serta satukan UISU secara permanen tanpa ada kelas paralel," sebutnya.

Ia mengatakan, dalam aksi tersebut mahasiswa telah mengusir pihak birokrasi termasuk petugas satuan pengamanan (satpam kampus) untuk menduduki kampus. Sebab, mereka telah melanggar nota kesapahaman. "Baihaqi tidak ingin menyatukan UISU. Dia tidak mau mengirim data kepada Kopertis Wilayah I, sehingga para mahasiswa tidak terdaftar dan tidak bisa diwisuda," jelasnya.

Pada intinya, Toha melanjutkan, para mahasiswa meminta komitmen pimpinan yang sah agar UISU kembali jaya seperti sebelumnya. "Aksi penyatuan mahasiswa ini akan terus dilakukan sampai batas waktu. Tetapi, jika unsur Muspida turun dan realisasinya ada maka aksi ini akan dihentikan," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswi yang juga gagal diwisuda mengeluhkan konflik dualisme tersebut. "Seharusnya 1 Maret lalu mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum dan Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UISU Al Munawarrah diwisuda. Tetapi, kenyataannya sampai sekarang tidak juga," ujar mahasiswi yang tidak mau namanya dikorankan.

Menurut mahasiswi semester akhir ini, gagalnya para mahasiswa diwisuda lantaran pihak UISU Al Munawarrah tidak memiliki izin operasional. "Mahasiswa semester 8 sudah selesai semua mata kuliahnya dan begitu juga dengan skripsi. Kemarin kami mengurus berkas wisuda, tapi nyatanya sampai sekarang belum ada kejelasan," keluh wanita yang mengaku kos di Jalan Halat Medan.

Karena itu, lanjutnya, para mahasiswa UISU berharap pihak birokrasi bersatu agar para mahasiswa bisa meraih masa depannya. Sebab, jika konflik pimpinan ini masih terus berlanjut, tentunya mahasiswa yang menjadi korban.

Wakapolsek Medan Kota, AKP Samsuar yang turun ke lokasi mengatakan, aksi massa terjadi sejak pukul 7.30 pagi. "Mahasiswa memang ada melakukan pemberitahuan menggelar aksi sebelumnya. Ketika menggelar aksi di badan jalan, maka mahasiswa kita arahkan supaya melanjutkan orasinya di dalam kampus supaya tidak mengganggu ketertiban umum," ucapnya.

Samsuar menyebutkan, pihaknya sebatas melakukan pengamanan saja. Sebanyak 60 personel Polsek Medan Kota dikerahkan untuk mengamankan situasi. "Selain itu, dibantu juga dengan personel Polresta Medan sekitar 35 orang," katanya.

Amatan wartawan, mahasiswa yang melakukan aksi sempat bersitegang dengan mahasiswa lain yang diketahui Fakultas Teknik UISU. Puluhan mahasiswa teknik ini ingin masuk ke dalam kampus. Namun, ratusan massa tersebut menolak sehingga terjadi perdebatan argumen.

Salah seorang mahasiswa teknik sempat bersikeras dengan menerobos masuk, tetapi massa yang menguasai area kampus tetap melarang. Petugas kepolisian yang melihat situasi mulai memanas, langsung mengarahkan mahasiswa teknik itu untuk pergi untuk mencegah terjadi keributan.

Hingga pukul 12 siang, massa terus bertahan menguasai kampus dan menuntut penyatuan UISU. (010)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung