Pengungsi di Kab. Langkat kembali ke Kab. Karo



Pengungsi di Kab. Langkat kembali ke Kab. Karo

 

Medan (Mimbar) - Sekretaris Daerah Provsu H. Nurdin Lubis, SH, MM melepas kembalinya pengungsi erupsi Gunung Sinabung dari Kab. Langkat ke Kab. Karo di Jambur Halilintar, Jalan Jamin Ginting Padang Bulan, Selasa (25/3).

Dandim 0205/ Tanah Karo Letkol Inf. Asep Sukarna melaporkan Posko yang berada di Desa Telaga kabupaten langkat yang telah dihuni oleh 79 kepala keluarga atau  sekitar 237 jiwa yang berasal dari korban erupsi gunung sinabung  berada di posko tersebut yang rencananya akan dipindahkan dan ditampung kembali di posko Advent Sunggul Kab. Karo.

Korban Bencana  erupsi Gunung Sinabung Asal kuta rakyat yang berjarak kurang lebih 3 km dari puncak gunung belum dapat kembali ke rumah masing masing dan baru bisa kembali sesuai dengan adanya rekomendasi dari pusat vulkanologi.

Pengembalian Pengungsi yang sudah 4 bulan lamanya di Kab. Langkat ke Kab, Karo bertujuan agar dapat memudahkan koordinasi dan pelayanan dari Pemerintah Daerah maupun Pusat sehingga pengungsi lebih mudah mendapatkan penyaluran bantuan.

“Pemerintah akan terus mengupayakan segala keperluan para pengungsi, Setelah pengungsi kembali kerumah, Pemerintah akan memberikan bantuan, satu orang dewasa akan diberikan  jaminan biaya hidup sebesar 6000 rupiah perhari ditambah dengan 400gr beras setiap hari selama satu bulan juga akan ada perbaikan rumah demikian juga dengan listrik dan airnya.” Ujar Sekda

Dari Bidang Pendidikan Anak sekolah SD yang diberikan bantuan sebesar satu juta rupiah pertahun,  SMP mendapatkan 1,5 juta rupiah pertahun,  SMA mendapatkan 2 juta rupiah pertahun, dan untuk Mahasiswa akan mendapatkan biaya 2,1 juta rupiah persemester, Sedangkan untuk Mahasiswa USU, Unimed, dan IAIN akan dibebaskan uang kulian per semester.

Upah kerja juga akan diberikan kepada keluarga sebanyak 50 ribu selama 20 hari, para orang dewasa dapat mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan halaman atau membenahi rumah yang telah rusak.” Lanjut Sekda

“Kami berharap kepada semua pengungsi agar jangan berputus asa dan terus semangat walaupun sudah 4 bulan berada di pengungsian.” Harap Sekda. (04)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung