MH 370 Jatuh Di Samudera Hindia

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak saat konferensi pers mengumumkan pesawat Malaysia Airlines MH 370 jatuh di Samudera Hindia berdasarkan data terbaru.

MH 370 Jatuh di Samudera Hindia


*Malaysia Airlines Siap Berangkatkan Keluarga ke Kuala Lumpur

 
Jakarta (Mimbar) - Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengumumkan pesawat Malaysia Airlines MH 370 jatuh di Samudera Hindia berdasarkan data terbaru. Station Manager Malaysia Airlines Abdul Syukor Salleh menyatakan pihaknya siap memberangkatkan kembali keluarga penumpang asal Indonesia ke Malaysia. Najib Razak meminta agar media memberikan ruang bagi keluarga penumpang Malaysia Airlines MH370 untuk berduka atas kehilangan yang mereka rasakan. Pihak Malaysia Airlines sudah mengabarkan langsung pada anggota keluarga terkait kabar jatuhnya MH370 di Samudera Hindia.

"Bagi mereka, beberapa minggu terakhir terasa menyedihkan. Saya paham bahwa berita ini sangat sulit. Saya meminta media untuk menghargai privasi mereka dan memberikan ruang di waktu yang sulit ini," kata Najib dalam konferensi pers, Senin (24/3). Station Manager Malaysia Airlines Abdul Syukor Salleh, Selasa (24/3) mengatakan, "Saya belum dapat instruksi, tapi rencana awal memang penumpang akan diberangkatkan ke KL dan kemungkinan Aussie (Australia-red)," katanya.

Ia juga mengatakan ada 7 keluarga penumpang Malaysia Airlines yang berasal dari Indonesia. Sebanyak 3 keluarga berasal dari Medan, dan 4 keluarga berasal dari Jakarta.
Najib Razak menyampaikan bahwa MH370 berakhir di sisi selatan dari Samudera Hindia Selatan lewat konferensi pers pada pukul 22.00 waktu Malaysia atau 21.00 WIB, Senin (24/3) di Putra World Trade Center (PWTC), Kuala Lumpur.

Dikemukakannya “Malam ini saya mendapat penjelasan dari perwakilan UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB). Mereka menginformasikan kepada saya bahwa Inmarsat, perusahaan UK yang menyediakan data satelit yang mengindikasikan koridor utara dan selatan, telah melakukan perhitungan lebih lanjut pada data”.
 
Dengan menggunakan tipe analisis yang belum pernah digunakan sebelumnya di investigasi sejenis, mereka telah mampu menjelaskan lebih lanjut tentang jalur penerbangan MH370.
 
Berdasarkan analisis terbaru mereka, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 terbang sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya adalah di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth.
 
Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari berbagai kemungkinan tempat pendaratan. Oleh karena itu, dengan sedih dan menyesal saya harus menginformasikan bahwa berdasarkan data terbaru ini, pesawat MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia. Kami membagikan informasi ini dengan komitmen untuk keterbukaan dan rasa hormat kepada anggota keluarga, dua prinsip yang memandu investigasi ini.
 
Malaysia Airlines telah berbicara kepada keluarga dari penumpang dan kru untuk menginformasikan perkembangan ini. (dtc)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung