Bank Sumut Didik Masyarakat Agar Melek Bank

SIARAN PERS

Bank Sumut Didik Masyarakat Agar Melek Bank


# Si Molek Curi Perhatian Pengunjung MTQ Kota Medan


Medan (Mimbar) - Maret 2014, Masih rendahnya tingkat literasi atau pemahaman masyarakat terhadap fungsi jasa perbankan dan produk-produk jasa keuangan mendorong Bank Sumut untuk meningkatkan program edukasi keuangan dengan tujuan menumbuhkan sikap masyarakat yang bijak mengelola keuangan, termasuk cerdas mengantisipasi dan mengelola risiko pengelolaan keuangan.

Berdasarkan hasil survey nasional literasi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap 8.000 responden, diketahui hanyak 21,84% dengan indeks utilitas 59,74%, yang mencerminkan masih rendahnya masyarakat Indonesia memanfaatkan produk dan jasa keuangan. Khusus perbankan, indeks literasi masyarakat Indonesia yang tergolong well literate terhadap industri perbankan menunjukkan angka 21,80%. Hal ini berarti bahwa dari setiap 100 penduduk Indonesia hanya terdapat 22 orang yang memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga perbankan, produk dan jasa perbankan, serta memiliki keterampilan menggunakan produk dan jasa perbankan.

Karena itulah, untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia diperlukan edukasi keuangan secara intensif oleh OJK bekerjasama dengan lembaga perbankan nasional, termasuk Bank Sumut.

Salah satu bentuk edukasi perbankan yang dilakukan oleh Bank Sumut adalah dengan melakukan edukasi kepada pengunjung Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 Kota Medan di Komplek Musa Land, Jalan Gaperta, Medan, baru-baru ini. Di lokasi stand pameran yang meramaikan MTQ tersebut, Bank Sumut bekejasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghadirkan mobil Si Molek selama MTQ berlangsung sejak 3-10 Maret 2014.

Kehadiran Si Molek yang berdampingan dengan stand-stand dinas Pemko Medan mencuri perhatian pengunjung MTQ. Momentum itu dimafaakan sebaik-baiknya oleh pegawai Bank Sumut untuk melakukan sosialisasi OJK dan literasi keuangan.

“Program edukasi perbankan dengan pengoperasian Si Molek bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang jasa keuangan, khususnya perbankan, dengan sasaran utama masyarakat lapisan menegah ke bawah, yang umumnya masih relatif rendah pemahamannya terhadap jasa perbankan,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank Sumut Paro Iman didampingi Pemimpin Divisi Pengembangan Bisnis Azran T. Siregar, Kamis (21/3).

Selama sepekan di area MTQ tersebut, staf pegawai Bank Sumut memberikan penjelasan  tentang keberadaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga baru yang dibentuk pemerintah untuk menjalankan fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan seperti perbankan, asuransi, pasar modal dan lembaga jasa keuangan lainnya, mewujudkan lembaga jasa keuangan yang tumbuh secara sehat, kuat, stabil dan berkelanjutan serta melindungi kepentingan konsumen pengguna jasa keuangan.

Selain memperkenalkan fungsi OJK, kata paro Iman, Bank Sumut juga memberikan edukasi kepada pengunjung agar bijak mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Salah satu pesan yang disampaikan adalah menyadarkan masyarakat untuk bijak mengatur keuangan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

“Setiap rupiah yang dimiliki perlu diperhitungkan pengeluarannya. Kita memang membutuhkan konsumsi untuk hidup, tapi tidak berarti harus hidup konsumtif. Hidup hemat dan mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan menginvestasikan sebagian pendapatannya untuk masa depan dan berjaga-jaga untuk keperluan darurat adalah cara bijak mengelola keuangan. Itu pesan inti yang kami sampaikan,” jelas Paro Iman.

Terkait dengan bijak berinvestasi, Paro Iman menambahkan, menempatkan dana di perbankan merupakan alternatif pilihan investasi. Dengan menempatkan dana di bank seperti melalui tabungan atau deposito, berarti kita telah belajar lebih disiplin menghargai setiap rupiah yang didapat. Selain itu, dengan menjadi nasabah penabung, akses untuk mendapatkan kredit investasi dan modal kerja akan terbuka lebar.
Pada kesempatan itu, Bank Sumut juga memperkenalkan beragam jenis produk dana dan kredit/pembiayaan dan jasa perbankan lainnya di Bank Sumut, yang masing-masing memiliki keunggulan fitur dan berbagai kemudahan. #

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung