Plt. Walikota Terima Kunjungan UNESCO Tentang Pengelolaan Sumber Daya Air

Plt. Walikota Terima Kunjungan UNESCOTentang Pengelolaan Sumber Daya Air

 
Medan (Mimbar)Plt. Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, Selasa (18/3) dibalai Kota Medan menerima kunjungan United Nations Educations Science and Cultural Organisation ( UNESCO), terdieri dari DR. Tariq Rana dan Ms. Eva Mia Siska,  kunjungan ini adalah untuk menyampaikan draf MOu dalam rangka kerja sama pengelolaan sumber daya air di Kota Medan hingga 2030 mendatang.

Kunjungan pihak UNESCO di Balai Kota Medan ini merupakana yang sekian kali dimana baru-baru ini mereka melakukan kunjungannya dalam rangka  menyampaikan konsep system analisis keamanan sumber daya air di Kota Medan, yang diterima oleh Sekda Medan Ir Syaiful Bahri.

DR. Tariq Rana dalam kesempatan itu mengatakan,  kesepakatan tersebut tentunya pihak UNESCO tidak saja melibatkan Pemerintah Kota Medan aja walau pengelolaan sumber daya air yang berkulitas tersebut akan dibangun di Kota Medan dengan bahan bakunya dari air Sungai yang mengalir di Kota Medan, karena air Sungai mengalir dari hulu ke hilir, tentunya ada beberapa Kabupaten dan juga Provinsi  yang akan ikut membuat kesepakatannya.

Dikatakannya, permasalahan air bersih juga menjadi masalah di negara-negara lain, dan UNESCO juga telah menjalin kerja sama didalam pengadaan sumber daya air di negara-negara Asia Tenggara lainnya, dan untuk membangun pengelolaan sumber daya air di Kota Medan ini sedikit banyaknya telah belajar dari gegara-negara lain.

 “Kita akan melakukan dialog dengan pemangku kepentingan lainnya, karena Sungai kita tahu bukan milik Pemko Medan, dan Sungai tersebut mengalir melewati sejumlah Kabupaten  yang ada di Provinsis Sumatera Utara, dan dialog ini tidak saja ditingkat provinsi tentunya sampai ditingkat pusat kata Tariq.

Selain itu juga UNESCO akan bangun dialog dengan PAM Tirtanadi terkait dengan pengelolaan sumber daya air, di mana kita tahu pelanggan PAM Tirtanadi mayoritas adalah masyarakat Kota Medan, juga berjanji untuk mencoba mencarikan investor baik dari, luar negeri dan dari Jakarta guna mendukung program pengelolaan sumber daya air ini, agar nantinya Kota Medan menjadi contoh kepada daerah lainnya.

Plt. Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada UNESCO atas programnya tentang pengelolaan sumber daya air di Kota Medan, dan berharap program ini secepatnya dilaksanakan yang direncanakan dibangun di wilayah Utara Kota Medan guna mengatasi masalah sumber air yang sedang dihadapi, tentunya draf ini akan  dipelajari terlebih dahulu. (08)
           
 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung