PLN Mulai Alirkan Listrik Ke Sumatera Bagian Utara

PLN Mulai Alirkan Listrik ke Sumatera Bagian Utara


JAKARTA - PT PLN (Persero) terus berupaya mengatasi kekurangan pasokan listrik di sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Sejak minggu lalu, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuhan Angin unit 1 dan PLTU Belawan unit 3 mengalami masa perbaikan dan beroperasi kembali.

Hari ini, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Belawan Gas Turbin (GT) 2.2 sudah beroperasi kembali dan mulai memasok listrik ke sistem Sumbagut dengan kapasitas mencapai 145 Mega Watt (MW).

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, selama beberapa bulan terakhit PLTGU Belawan GT 2.2 menjalani pemeliharaan cukup besar (life time extention/LTE) karena telah beroperasi lebih dari 100.000 jam non stop.

"Selama tiga hari ke depan GT 2.2 Belawan akan menjalani reliability run test sebelum nantinya beroperasi reguler," ucap Bambang dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu (19/3).  

Bambang mengungkapkan, tambahan pasokan listrik tersebut memang belum mampu menjadikan sistem kelistrikan di Sumbagut benar-benar aman. Kondisi ideal dalam suatu sistem kelistrikan bisa dicapai bila sistem tersebut memiliki cadangan daya 30 persen dari beban puncak. 

"Beban puncak sistem kelistrikan Sumbagut kini mencapai 1.700 MW," jelasnya.

Menurut Bambang, PLN terus berupaya mencapai kondisi tersebut melalui berbagai upaya penyelesaian proyek-proyek pembangkit cadangan, jaringan transmisi dan gardu induk. Saat ini PLN juga sedang menyelesaikan pembangunan PLTU Pangkalan Susu dan jaringan transmisi pendukungnya. (oz)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung