Seminar “Lingkungan Hidup Yang Lestari” Tambang Emas Martabe Paparkan Kegiatan Reklamasi dan Revegetasi


Seminar “Lingkungan Hidup Yang Lestari”

Tambang Emas Martabe Paparkan Kegiatan Reklamasi dan Revegetasi 

 

Dalam semangat berbagi ilmu dan pengalaman mengenai praktik pertambangan yang bertanggung jawab, Tambang Emas Martabe berpartisipasi dalam Seminar “Lingkungan Hidup Yang Lestari” yang diselenggarakan oleh Kelompok Pecinta Alam Tapanuli Selatan “Forester” pada Rabu 26 Maret 2014 bertempat di Aula Kampus UMTS Padangsidimpuan. Seminar dihadiri oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa UMTS, IAIN, dan para pelajar SMA.

Dalam kesempatan ini, Tambang Emas Martabe yang diwakili oleh Bayu Ariyanto, Superintendent Pengelolaan Lingkungan memaparkan berbagai aktivitas tanggung jawab pengelolaan lingkungan yang telah berjalan di Tambang Emas Martabe, mulai program reklamasi dan revegetasi tambang, pemantauan lingkungan, pengelolaan air bersih, air kerja, inventarisasi tanaman lokal Batangtoru sampai pengelolaan air sisa proses serta beberapa kegiatan terkait lain.

Pemateri juga datang dari Conservation International Indonesia (CII) dan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL).

Senior Manajer Komunikasi Korporat Tambang Emas Martabe Katarina Siburian menyampaikan, “Seminar ini menjadi momen yang bagus bagi kita semua untuk saling bertukar ilmu dan saling memahami berbagai usaha pengelolaan lingkungan yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tambang Emas Martabe terus berusaha mewujudkan praktik tambang yang berwawasan lingkungan, yang salah satunya dilakukan dengan memastikan pelaksanaan penjagaan lingkungan dalam setiap aspek kegiatan tambang. Kedepannya Tambang Emas Martabe selalu terbuka terhadap berbagai kesempatan untuk dapat berbagi pengalaman dan kiat penjagaan lingkungan terutama lingkungan tambang.”

Tambang Emas Martabe pro-aktif melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk menarik minat berbagai lapisan masyarakat untuk memahami praktik tata kelola tambang. Beberapa kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk : 
  • Martabe Gold Mine Goes to School – program kunjungan ke sekolah-sekolah di sekitar tambang untuk memperkenalkan berbagai profesi, tugas, prosedur dan peraturan yang dilaksanakan dalam tambang untuk menjaga keamanan dan keselamatan serta kesejahteraan sekaitan dengan kepedulian sosial dan lingkungan sekitar.
  • E-Coaching Jam - wadah komunikasi yang mampu membimbing dan memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk melengkapi pengetahuan akademis di bangku kuliah dengan pengalaman dan keahlian praktis-aplikatif di dunia kerja, yang belum tentu mereka dapatkan di bangku kuliah agar mereka lebih siap saat memasuki dunia kerja di bidang pertambangan
  • Kelas berbagi informasi – program tahunan yang digelar di arena pekan raya, pameran maupun acara-acara publik lainnya yang ditujukan bagi kalangan berbasis profesi dan para pelajar mahasiswa untuk mengetahui berbagai aktivitas dalam operasional pertambangan dengan lebih mendalam.
  • Memfasilitasi program magang bagi mahasiswa. 
  • Kunjungan ke Tambang Emas Martabe bagi para pelajar SMK Pertambangan maupun jurusan umum/ mahasiswa/instansi akademis lain untuk melihat aktivitas pertambangan secara nyata.
 
Sekilas tentang Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997.
Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 8,2 juta ounce emas dan 75,3 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah. Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd sebesar sembilan puluh lima persen, dan pemegang 5 persen saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang tujuh puluh persen sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen dimiliki oleh Pemerintah Propinsi Sumatra Utara.
Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di lima belas desa di sekitar tambang. Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan masyarakat.  Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.g-resources.com.
Untuk interview dan informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Senior Manager Corporate Communications G-Resources Tambang Emas Martabe
T   08119005146M
 
Corporate Communications
 


PT Agincourt Resources  A Subsidiary of G-Resources Group Ltd.
E  Martabe.CorporateCommunications@G-Resources.net
Jl Merdeka Barat Km 2.5, Desa Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22738, Indonesia
 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung