PEMERINTAH SEWAKAN RUMAH 344 KK PENGUNGSI SINABUNG


PEMERINTAH SEWAKAN RUMAH 344 KK PENGUNGSI SINABUNG 


Medan (Mimbar) - Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk sementara mengambil kebijakan menyewakan rumah bagi 344 kepala keluarga atau sekitar 1.116 jiwa pengungsi Sinabung menyusul masih belum ditemukannya lahan pas untuk relokasi warga itu.

"Sewa rumah itu maksimal satu tahun akan ditanggung pemerintah dalam hal ini BNPB. Diperkirakan belum sampai satu tahun, rumah untuk warga yang direlokasi sudah ada," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Saberina Mars di Medan, Selasa.

Opsi mencarikan rumah sewa itu terpaksa dilakukan menyusul belum berhasilnya pemerintah menemukan lokasi yang pas untuk relokasi warga tersebut, sementara warga perlu kehidupan normal setelah mengungsi berbulan-bulan.

Pemerintah belum berhasil menetapkan lahan relokasi karena banyak faktor, mulai dari tiba-tiba naiknya harga lahan sehingga tidak sesuai plafon, kemudian lahan lain yang ditunjuk tidak diminati masyarakat karena terlalu jauh dari kawasan ladang mereka.

"Pemerintah berharap warga sekitar membantu pengungsi Karo dengan tidak menaikkan harga, agar mereka keluar dari pengungsian dan hidup normal," katanya.

Dia menegaskan, jumlah 344 KK yang harus direlokasi itu adalah masyarakat dari tiga desa yaitu Desa Bekerah, Sukameriah dan Simacem.

Warga itu selama ini tinggal di radius tiga kilometer Gunung Sinabung yang seharusnnya tidak boleh karena zona merah.

"Pascabencana Sinabung, pemerintah tegas tidak membolehkan lagi warga tinggal di jalur hijau gunung itu," katanya.

Sekda Provinsi Sumut Nurdin Lubis menyebutkan, lahan baru tempat relokasi itu sebelumnya sudah ditemukan, tetapi batal karena harga jual naik.

"Dewasa ini sudah ada kawasan lain yang sedang diincar dan diharapkan transaksi jadi agar warga bisa menempati rumah tersebut," katanya.

Hingga kini, kata Nurdin, BNPB pusat, provinsi, Pemkab Karo dan Pemprov Sumut serta pemangku kepentingan lainnya terus berkoordinasi dalam penanganan pengungsi.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung