Wagubsu Terima Kunjungan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 52


Wagubsu Terima Kunjungan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 52


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Perwira siswa pendidikan reguler sekolah staf dan komando angkatan laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-52 tahun pelajaran 2014, Selasa (20/5). 26 Pasis dan 5 perwira pembimbing diterima Wagubsu di kantor Gubernur Sumatera Utara di Jl Diponegoro.

Kunjungan tersebut merupakan kelanjutan dari forum strategi I dimana seluruh pasis telah melaksanakan analisa perkembangan lingkungan strategis dalam menentukan prioritas ancaman dan menentukan strategi pertahanan negara di laut dalam menegakkan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Para siswa akan  langsung melakukan peninjauan ke daerah Sumatera Utara diantaranya untuk melihat sejumlah ancaman yang mungkin terjadi di sekitar selat malaka seperti perompakan, pembajakan, aktivitas-aktivitas ilegal dan pelanggaran wilayah.

"Kami ingin menggali pemanfaatan sumber daya nasional di bidang maritim dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan di laut dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI," ujar Mayor Laut Pelaut Rafael Dwinatu A.P, S.T selaku ketua komisi A, forum strategi II.

Selanjutnya mereka akan kembali ke Jakarta dan melanjutkan ke forum strategi 3, yaitu untuk pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam menghadapi ancama-ancaman tersebut. Setelah itu, mereka akan lanjut ke forum strategi 4 dimana akan dilaksanakannya gelar operasi kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan pengamanan dan pertahanan di laut.

"Sudah kami analisis ada beberapa ancaman militer ataupun non militer di  perairan Sumatera Utara. Salah satu analisis yang kami lakukan adalah analisis hirarki proses dan SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities and Threats) serta regresi, sehingga itu akan punya kecenderungan perompakan, pembajakan dan aktivitas ilegal seperti fishing dan lain-lain,"ujar Rafael dalam kunjungan yang juga dihadiri oleh Kolonel Laut (E) Totok Subali, S.T, M.A.P sebagai ketua rombongan.

Dalam kesempatan tersebut Wagubsu menyampaikan bahwa kondisi IPOLEKSOSBUD HANKAM Sumut sampai saat ini masih kondusif. Tentunya hal ini tercipta berkata adanya kerja sama yang baik antar forum komunikasi pimpnan daerah (FKPD), instansi terkait, komunitas intelijen daerah (Kominda), dan peran serta forum strategis masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.  "Kondisi ini diharapkan dapat terus berlanjut. Suasana kondusif Sumut menjadi daya saing utama yang membuat perekonomian tumbuh dengan baik dan selalu di atas rata-rata nasional, begitu juga pertumbuhan investasi dan perdagangannya,"ujar Tengku Erry dalam pertemuan yang berlangsung di ruang beringin lantai 8 kantor Gubsu.

Namun, tambah Tengku Erry, tidak tertutup kemungkinan terjadinya konflik mengingat sesungguhnya Sumut memiliki potensi konflik yang cukup besar, baik dari segi dinamika heterogenitas masyarakat, sumber daya alam, perkembangan demokratisasi maupun pengaruh perkembangan global.  Kondisi tersebut berpotensi menjadi komoditas politik. Deteksi dini atas potensi kerawanan tersebut harus dilakukan. Sementara itu, lembaga penegak hukum juga harus bertindak tegas, sehingga kerawanan dapat diminimalisir. "Kondusifitas Sumut harus tetap dipertahankan. Untuk itu peran komunitas intelijen daerah (Kominda) perlu lebih ditingkatkan terutama dalam deteksi dini potensi agar jangan sampai menghambat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Sumut. Sebagaimana visi Gubernur, yaitu menjadikan Provinsi yang berdaya saing menuju Sumatera Utara Sejahtera,"ujar Tengku Erry.

Pada hari yang sama selain bertandang ke kantor Gubsu, Forum strategi II komisi A Pasis Dikreg Seskoal ANGKATAN KE-52 tahun pelajaran 2014 akan bertandang ke kantor Mapolda Sumut dan kantor Mako Kosekhanudnas III. Mereka akan mengunjungi beberapa tempat lainnya selama berada di Medan, sejak 19 Mei hingga 23 Mei 2014. Seperti Makodam I/BB, PT. Pelindo I Medan, PT. Waruna Nusa Sentana dan terminal BB Medan group PT. Pertamina. Sedangkan pada Senin (19/5) kemarin, mereka sudah berkunjung ke Mako Lantamal I/Belawan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung