Kerajinan Khas Sumut Bisa Jadi Sumber Devisa

Kerajinan Khas Sumut Bisa Jadi Sumber Devisa 


Medan (Mimbar) - Peluang Sumut sebagai produsen beragam hasil kerajinan masih sangat besar. Dengan beragam kekayaan kain tenun, ulos dan beraneka macam jenis kerajinan jika dikelola secara baik akan menjadi potensi devisa yang menggiurkan.

Hal tersebut dikatakan Asisten Ekbang Provsu Ir Sabrina pada acara Kunjungan Kerja Ketua Harian Dekranas Pusat di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro, Medan, Jumat (9/5) . Selain keragaman tenun dan kerajinan, Sumut juga dikenal kaya akan bahan baku alam seperti dari laut dan hutan yang bisa mendukung produksi beragam kerajinan khas daerah.

Saat ini, Sumatera Utara tak hanya memiliki kekayaan alam tapi juga kaya akan beragam jenis tenun songket, ulos, seni pahat, dan kerajinan tangan lain yang bisa dijadikan produk unggulan hingga ke mancanegara. "Sumut adalah miniatur dari Indonesia karena punya beragam suku dan kebudayaan. Lihat saja kekayaan kuliner kita, juga macam-macam tenun dan ulos. Tak hanya terkenal di dalam negeri melainkan hingga mancanegara,"papar Sabrina.

Khusus songket atau ulos, Sabrina mengatakan bahwa setiap daerah memiliki filosofi masing-masing daerahnya. Sehingga keindahan dan kreativitas bisa kita dapatkan dari setiap daerah, begitu juga dengan seni pahatan.

Hal senada juga dikatakan Ketua Dekranasda Sumut, Hj Sutias Handayani  bahwa keindahan tenun , songket maupun ulos berbeda-beda serta  desain  tersendiri sesuai filosofis setiap daerahnya. Karena keindahan yang khas inilah, setiap kerajinan tenun digemari oleh semua kalangan hingga ke mancanegara. Untuk itu Sutias berharap dengan dukungan dari pemerintah, para pengrajin nantinya bisa memasarkan dengan mudah hasil karya mereka.

"Dekranasda hingga saat ini tidak bosan dan tetap antusias untuk mensuport para perajin agar lebih inovatif menghasilkan produk-produk unggulan,"paparnya

Pada kesempatan itu Dubes RI untuk Australia - Canberra,  Nadjib Riphat Kesoema sangat bangga dengan hasil keterampilan perajin asal Sumut. Menurutnya, masyarakat Sumut memang dikenal selalu kreatif dan rajin membuat beragam ketrampilan."Saya antuasias untuk membuat pameran produk di Australia, agar produk Sumut khususnya ulos bisa lebih dikenalkan luas di Australia,"paparnya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung