Kehumasan Pemerintahan Harus Sinerji dan Saling Dukung

 Kepala Dinas Kominfo Sumut H Jumsadi Damanik SH MHum membuka Temu Konsultasi Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Sumut di Hotel Grand Kanaya Medan, Rabu (14/5).

Kehumasan Pemerintahan Harus Sinerji dan Saling Dukung


Medan (Mimbar) - Kehumasan pemerintahan merupakan bagian yang sangat penting dalam pemerintahan guna mendukung good government dan good governance. Jajaran kehumasan harus sinerji.

Kepala Dinas Kominfo Sumut H Jumsadi Damanik SH MHum mengemukakan itu pada Temu Konsultasi Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Sumut di Hotel Grand Kanaya Medan, Rabu (14/5).

Temu Konsultasi diisi Dialog Interaktif dengan narasumber selain Kadis Kominfo selaku Ketua Bakohumas Sumut juga Ketua Komisi Pemilu (KPU) Sumut Mulia Banuarea SAg MSi dan Dosen Magister Studi Pembangunan dan Magister Sosiologi USU Ahmad Taufan Damanik.

Dihadapan para kepala humas pemerintahan se-Sumut Kadis Kominfo memparkan forum kehumasan sangat diperlukan karena merupakan jembatan untuk menyatukan semua kehumasan di pemerintahan.

Hal ini bernilai strategis agar kehumasan pemerintahan tidak jalan masing-masing namun diperlukan sinergi sehingga tercapai transparasi penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif.

Menurut Kadis, kehumasan pemerintahan sangat penting dalam kepemerintahan karena dengan peran kehumasannya, maka pemerintahan dapat menjalankan kepemerintahannya dalam menghadapi 3 (tiga) agenda besar dunia.

Pertama, Globalisasi, dimana Indonesia mencanangkan bahwa di tahun 2045 menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ke-8 di dunia, dimana sekarang Indonesia sudah termasuk  ke dalam G-20.

Kedua, Demokratisasi, diikutsertakannya publik dalam perumusan kebijakan publik. Ketiga, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan perkembangan TIK yang sangat pesat, akan sangat berpengaruh di dalam kepemerintahan.  

Selanjutnya Ketua KPU Sumut Mulia Banuarea juga mengakui sinerjitas lembaga kehumasan sangat strategis dan saling mendukung kelancaran dan akurasi informasi termasuk menyukseskan pemilu seperti Pilpres.

Mulia secara panjang lebar memaparkan perlunya kelancaran informasi kepada masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan mengajak masyarakat menggunakan hak suara pada Pilpres mendatang.

Ahmad Taufan Damanik pada kesempatan ini tampil dewwngan makalah Peran Bakohumas dalam Peningkatan Partisipasi Perusahaan (CSR) dan Masyarakat dalam Pembangunan.

Dipaparkannya CSR memperkuat kerekatan sosial yaitu membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup, dapat dilakukan misalnya dengan pengembangan usaha-usaha kecil yang berada di sekitar lokasi perusahaan termasuk membantu pemasaran bagi produk usaha kecil tersebut.

"Membangun kepercayaan dan rasa saling menghormati diwujudkan dengan mengembangkan aktivitas CSR yang mengarah pada terbentuknya kondisi keakraban antar anggota masyarakat," ujarnya.

Bakohumas lanjutnya bertugas membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi antar lembaga sehingga pelaksanaan dan penyaluran maupun pertanggingjawaban implementasi CSR berjalan baik dan akuntabel.

Pada forum ini terungkap kelembagaan humas dan bakohumas yang kuat sangat penting adanya, bahkan legimitasi humas pemerintah menjadi keniscayaan dan Standar Kompetensi Profesi Humas sangat diperlukan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung