UN SMP Hari Pertama Di Sumut Lancar

UN SMP Hari Pertama di Sumut Lancar

*Gubsu dan Wagubsu Pantau Pelaksanaan UN


Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP , Senin (5/5). Pelaksanaan UN hari pertama berjalan tertib dan lancar.

Gubsu bersama Walikota Medan H. Djulmi Eldin meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di  SMPN 5 Medan Jalan Kl. Yos Sudarso, Medan. Mereka memantau penyelenggaraan UN di 45 kelas yang  diikuti 875 pelajar SMP N 5 dan beberapa sekolah swasta di sekitarnya.

Sebelum ujian dimulai, Gubsu dan walikota sempat berdialog dengan para pelajar dan memotivasi mereka untuk dapat tenang dan konsentrasi dalam menghadapi ujian. "Bagaimana anak-anakku, sudah siapkan? Jangan lupa berdoa sebelum memulai," ujar Gubsu yang disambut antusias para pelajar.

Gubsu menjelaskan secara umum pelaksanaan UN di Sumut berjalan tertib dan lancar. Sebanyak 256.125 pelajar dari 3.522 SMP dan madrasah di Sumut mengikuti UN yang terdiri atas SMP umum 199.416 siswa, SMP Terbuka 925, madrasah tsnawiah 52.602, SMP Luar Biasa 203 dan paket B 2.979 siswa.

Gubsu berharap  terjadi peningkatan persentase kelulusan pada UN tahun ini. Kepada para pelajar Gubsu juga meyakinkan mereka untuk konsentrasi dapat menjawab soal dengan baik. Dia juga meminta para pelajar untuk mempertimbangkan melanjutkan sekolah ke SMK.

Smentara Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provsu Hj. Evi Diana Erry Nuradi, dan Sekretaris Pendidikan Provsu Henri Siregar melihat jalannya UN di perguruan SMP Yayasan Eria Jalan Sisingamangaraja, SMP Yayasan Harapan Medan, SMP Methodist Jalan Hang Tuah dan berakhir di SMP 7 Jalan Adam Malik Medan.

Dari keempat sekolah ini, Wagubsu  melihat pelaksanaan berjalan lancar dan aman."Jadi setelah kami melihat beberapa sekolah, kondisi UN ini berlangsung tertib dan secara umum anak-anaknya juga begitu semangat," ujar Wagubsu disela-sela peninjauan.

Wagubsu juga memastikan, secara umum pelaksanaan UN berlangsung aman, lancar dan tertib tanpa kendala yang berarti. Guru-guru dan para pengawas juga dipastikan telah siap melaksanakan UN. "Tidak ada kendala. Namun tadi dari pantauan kita, memang kita melihat ada beberapa soal yang mempunyai masalah. Salah satunya nomor soalnya kurang khususnya di pelajaran bahasa Indonesia tadi di soal nomor 45 itu ada beberapa siswa yang yang  tidak memiliki soal nomor 45 itu. Tetapi itu Sudah bisa diatasi dengan mengganti lembar soal," ujar Wagubsu yang menduga hal ini terjadi karena faktor teknis dari pusat. (#)


Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung