Sumut - Songkhla Bangun Kerjasama Ekonomi dan Pariwisata


Sumut - Songkhla Bangun Kerjasama Ekonomi dan Pariwisata


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si menyambut hangat rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Songkhla, Thailand, membangun kerjasama bidang ekonomi dan pariwisata antar kedua provinsi. Kerjasama tersebut diharapkan dapat mengeratkan hubungan sekaligus menunjang pertumbungan ekonomi dan pariwisata kedua provinsi.

Rencana kerjasama tersebut tercetus dalam audiensi rombongan Wagub Provinsi Songkhla, Thailand Selatan, Pirasin Punpeng dengan Wagubsu Tengku Erry Nuradi di kantor Gubernur, Jl. Diponegoro,  Medan, (28/5).

Hadir bersama Wagub Provinsi Songkhla, Deputy Governor of Songkhla, Pirasin Punpeng, Mayor of Songkhla Municipality, Somsak Tantiseranet, Chairman of The PAO Council, Mit Kaewpradit, Chief Executive of The PAO, Niphon Bunyamanee, Deputy Mayor of Manyai City Municipaty, Sumrit Boonrat, Director of Songkhla Provincy of the Tourism, Buayan Suwanonanet, Tourism Bussines Federaton of Songkhla, Surapol Kamplanonwat, Tourism Bussines Federaton of Songkhla, Sumutr Kanjanampa, Mayor of Banpu Municipality, Worawat Cheevaisrakul, Consul for Economic Affair Achri Jumanto dan Econimic divison Staff, Suwit Binwang. Sementara mendapingi Wagubsu Tengku Erry, hadir Asisten Ekbang Setdaprovsu, Hj. Sabrina, Asisten Pemerintahan Setdaprovsu Hasiholan Silaen, Kepala Biro Otonomi Daerah dan kerjasama Setdaprovsu serta pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubsu Tengku Erry menyatakan, Sumut kaya akan sumber daya alam (SDA) meliputi hasil bumi, perkebunan dan kerajinan tangan. Selain itu, Sumut juga memiliki daerah wisata unggulan yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota.

“Tiap Kabupaten dan Kota di Sumut memiliki daerah wisata unggulan masing-masing. Misalnya Kabupaten Langkat punya Bukit Lawang. Kemudian Danau Toba yang terbentang di tujuh kabupaten/kota, Kabupaten Karo memiliki wisata alam pegunung dan ecowisata. Nias punya wisata alam dan laut yang indah,” sebut Erry.

Tidak hanya wisata alam, sejumlah kota di Sumut juga memiliki tempat wisata rohani, budaya, adat istiadat dan wisata kuliner. Selain itu, juga terdapat di beberapa titik lokasi peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

“Thailand juga termasuk negara yang memiliki ragam makanan khas dan unik. Kota Medan dan sejumlah daerah di Sumut juga seperti itu. Banyak jenis makanan yang saya yakin akan sesuai dengan lidah warga Songkhla,” ujar Erry.

Lebih lanjut Erry mengatakan, hubungan Indonesia dan Thailand yang terjalin harmonis selama ini diharapkan dapat menunjang kerjasama bidang ekonomi dan pariwisata antara Sumut dan Songkhla.

Sementara Wagub Songkla, Pirasin Phanpeng melalui juru bicaranya Suwit Binwang mengatakan, Pemprov Songkhla optimis kerjasama yang dijalin kedua provinsi akan menunjang pertumbuhan bidang ekonomi dan pariwisata, apalagi saat ini telah ada penerbangan langsung dari Kota Hat Yai, Thailand Selatan ke Medan.

“Penerbangan ini diharapkan dapat menunjang tingkat kunjungan wisatawan dari Sumut ke Thailand dan begitu juga sebaliknya. Pemprov Songkhla akan memudahkan wisatawan dari Sumut yang ingin menikmati destiansi wisata di Songkhla,” ujar Binwang.

Binwang juga mengatakan, dalam tahap awal, rombongan Pemprov Songkhla dalam sepekan ini akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Sumut diantaranya kawasan Danau Toba, sejumlah daerah wisata andalan di Kabupaten Karo yakni Kota Brastagi dan Simalem Resort.

“Rombongan nantinya akan memperkenalkan daerah wisata yang ada di Sumut kepada masyarakat Songkhla. Kami juga berharap Pemerintah Sumut juga berkunjung ke Songkhla, agar bisa memperkenalkan wisata Songkhla kepada masyarakat Sumut,” harap Binwang.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung