Gubsu : TMMD Bantu Pembangunan Daerah Terpencil

Gubsu : TMMD Bantu Pembangunan Daerah Terpencil

#Pangdam I/BB dan Gubsu Buka TMMD ke-92 di Kutalimbaru


Deliserdang (Mimbar) - TNI kembali menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD  ke-92 tahun 2014 dibuka secara resmi oleh Pangdam I/Bukitbarisan dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho di Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/5).Saat pembukaan, Gubernur sangat mengapresiasi program TMMD sebab sangat membantu pembangunan terutama di daerah-daerah terpencil.

Pangdam I/BB Mayjend TNI Istu Hari S SE menjelaskan TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat. Program diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di pedesaan.

"Proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD serta disusun dengan sistem Bottom Up Planning," kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI  Istu Hari S SE ketika membacakan sambutan Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Budiman pada upacara pembukaan TMMD ke 92 TA. 2014 di Lapangan SMPN 1 Hutalimbaru Kabupaten Deli Serdang.

Karena itulah, untuk kesuksesannya, butuh peran dan kerja sama yang erat dari semua stakeholder baik Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, swasta yang didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD.

"Secara nasional upacara pembukaan TMMD dipusatkan di Desa Kedung Rukem, Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Provinsi  Jawa Timur. Daerah  wilayah binaan Kodim 0817/Gresik, Korem 084/Bhaskara Jaya Kodam V Brawijaya yang diikuti secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Atas digelarnya TMMD ini Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menyatakan apresiasinya. Menurutnya, TMMD tidak hanya berhasil menciptakan dan membina kemanunggalan  TNI-Rakyat tapi juga membantu terwujudnya pemerataan pembangunan. 

Gubsu juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah memberikan pembelajaran keteladanan kepada masyarakat dalam bentuk kemanunggalan. Lewat Program TMMD terjadilah pembangunan fisik diantaranya pembangunan jalan baru, pembangunan jembatan, perbaikan MCK dan yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan sosial kemasyarakatan dalam bentuk bimbingan serta penyuluhan KB.

Selain pembangunan fisik, melalui program TMMD secara berkesinambungan juga terwujud ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghalangi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara. hal bisa dilihat dengan banyaknya program TMMD di beberapa daerah terluar Indonesia.

"Sasaran fisik yang dilakukan adalah pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana, fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah. Sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah dan terbukanya  isolasi antar desa atau daerah terpencil. Sedangkan sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri," kata Gubsu.

Hal yang sama diungkapkan Bupati Deli Serdang Anshari Tambunan. Anshari juga mengapresiasi TNI karena telah menjadikan Kabupaten Deliserdang sebagai lokasi TMMD. Dia berharap masyarakatnya untuk menjaga dan memelihara bersama hasil karya bhakti TNI agar bisa sama-sama dapat dimanfaatkan.

"Tentunya Keberhasilan program ini sangat ditentukan keterlibatan berbagai pihak, lintas sektoral organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat dan juga tokoh agama," katanya.

Usai upacara Pembukaan TMMD ke-92, Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, bersama Pangdam I/BB, Bupati Deli Serdang melakukan penanaman pohon dan penyerahan pohon kepada perwakilan masyarat secara simbolis sebagai pertanda telah dibukanya TMMD ke-92. Kemudian mereka juga sempat meninjau beberapa lokasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung