Sekdaprovsu : BPOM Harus Lakukan Shock Therapy

Sekdaprovsu : BPOM Harus Lakukan Shock Therapy


Medan (Mimbar) -  Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H. Nurdin Lubis, S.H, M.M menerima kunjungan Kepala BPOM di Medan, Drs. M. Ali Bata Harahap Apt di Ruang kerjanya lantai IX, Kantor Gubsu Medan, Rabu (7/5). Sekda meminta BPOM melakukan shock therapy agar pelanggar obat dan makanan jera.

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam lebih ini selain untuk memperkenalkan Kepala BPOM di Medan juga untuk lebih meningkatkan kerjasama dua instansi.  Kepala BPOM juga menjelaskan visi misi dan tugas pokok fungsi (tupoksi) Badan POM RI serta memberikan gambaran umum hasil pengawasan BPOM di Medan terhadap produk obat, makanan, kosmetika, obat tradisional dan bahan berbahaya.

Sekdaprovsu dalam pertemuan itu sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap BPOM atas kerjasama yang dilakukan selama ini. "Kita dari Pemprovsu sangat siap untuk mendukung tugas-tugas  BPOM, bahkan perlu ada semacam shock therapy bagi para pelaku pelanggaran di bidang obat dan makanan untuk mendapatkan efek jera," katanya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Medan Drs M Ali Bata Harahap Apt MKes menyampaikan tujuan kedatangan selain untuk silaturahim juga untuk menyampaikan hal-hal yang terkait dengan tugas dan fungsi Badan POM khususnya dalam rangka pengawasan obat dan makanan. Selama ini, sudah terbangun kerja sama yang baik dalam rangka pengawasan makanan. Tentu selama yang rutin kita lakukan akan kita intensifkan lagi.

"Terutama terkait jajanan sekolah kemudian kita intensifkan lagi penyalahangunaan obat untuk pangan serta keamanan pangan masuk desa, tentunya ini perlu kerjasama lintas sektor," ujarnya.

Pada pertemuan ini juga dibahas permasalahan yang kerap dihadapi BPOM di Medan selama melakukan pengawasan. Mereka butuh dukungan dari Pemda agar tugas pengawasan bisa lebih maksimal.

Dalam pertemuan tersebut Sekdaprovsu didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M. Ayub dan Plh Kepala Dinas Kesehatan Sumut Sri Suryani Purnamawati sementara dari BPOM hadir Kepala Bidang Pengujian Mikrobiologi Drs Masmur Ginting dan Kepala Subbag Tata Usaha Bernardus L. Tobing, S.E(#)


Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung