292.429 Siswa SD Se-Sumut Ikuti USM


292.429 Siswa SD Se-Sumut Ikuti USM

*Wagubsu Pimpin Doa Untuk Peserta USM yang Wafat


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Tengku Erry Nuradi meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah SD/Madrasah Ibtidaiyah (USM) 2013/2014 di Medan,  Senin (19/5). Dari tinjauan ke 3 sekolah ini, USM hari pertama berlangsung tertib dan lancar. Untuk Sumatera Utara, USM  tahun ini diikuti 292.429 siswa SD sederajat.

Didampingi  Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, Hendri Siregar dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut lainnya, Wagubsu Tengku Erry Nuradi pertama kali meninjau USM  di SD Swasta Eria, Yayasan Ani Idrus di kawasan Jl. Sisingamangaraja, Medan. Pelaksanaan USM  di sekolah ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB.

Dari Yayasan Ani Idrus, Wagubsu melanjutkan peninjauan pelaksanaan USM  ke SD Negeri 060809 di kawasan Jl Halat Medan. Di SD ini, panitia melaporkan salah seorang peserta bernama Sarah Rifqah tidak ikut USM karena meninggal dunia beberapa jam sebelum ujian berlangsung karena sakit.

Wagubsu Tengku Erry Nuradi, langsung memimpin doa bersama sebagai ungkapan belasungkawa. Sejumlah siswa teman almarhum, tidak dapat menahan sedih saat doa berlangsung.

"Saya prihatin dan turut berduka atas wafatnya Sarah , meski begitu teman-teman Sarah harus tetap semangat agar lulus dengan nilai baik,"kata  Wagubsu.

Dari SDN 060809, rombongan Wagubsu kemudian bergerak meninjau pelaksanaan USM di SD Swasta Hang Kesturi di kawasan Jl. Sutomo Medan. Di sekolah ini, suasana ujian tampak tenang dan lancar.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, Hendri Siregar menjelaskan, USM  tahun ini diikuti  292.429 siswa SD dari seluruh Sumatera Utara. Dengan rincian jenjang SD diikuti 275.204 siswa, jenjang Madhasah Ibtidaiyah 16.536 siswa, SDLB 162  siswa dan Paket A diikuti 547 siswa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2014 ini kelulusan siswa sekolah dasar tidak lagi melalui Ujian Nasional. Pemerintah telah menggantinya dengan Ujian Sekolah SD/Madrasah Ibtidaiyah (USM) yang penilaian dilakukan oleh para guru di sekolah sendiri. Hingga ujian dilaksanakan, panitia ujian menurut Hendri belum menerima laporan kekurangan soal juga hambatan-hambatan lain.

“Ujian hari pertama ini, kita belum ada menerima laporan dari sekolah-sekolah yang mengalami kendala dalam melaksanakan ujian di Sumut. Mudah-mudahan semua lancar hingga hari terakhir,” harap  Hendri.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung