Wagubsu : Masyarakat Harus Waspadai Virus MERS

Wagubsu : Masyarakat Harus Waspadai Virus MERS


Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta masyarakat mewaspadai virus MERS. Untuk mencegah terjangkit penyakit Flu Arab itu, masyarakat yang akan berangkat ke Timur Tengah baik untuk beribadah maupun bertugas diminta selalu memakai masker dan tidak melakukan kontak  fisik dengan onta.

Himbauan ini diungkapkan Wagubsu saat menerima audiensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan, di ruang kerjanya, Lantai 8 Kantor Gubsu, Jl. Diponegoro, Medan, Selasa (6/5).Kunjungan IDI tersebut merupakan bagian dari rencana Medan menjadi tuan rumah Mukhtamar IDI XXIX di tahun 2015.

Kepada Ketua IDI Cabang Medan dr Ramlan Sitompul yang didampingi beberapa anggota IDI antara lain dr. Perdana L. Sihite, dr. Adly, dr. Nofita, dr. Khairani, Wagubsu menyatakan dukungannya agar Medan sukses terpilih sebagai tuan rumah.

Terkait virus MERS, Wagubsu meminta IDI juga proaktif melakukan sosialisasi pencegahan kepada masyarakat. Sosialisasi diharapkan dapat menghilangkan kekhawatiran dan sekaligus menyadarkan warga agar bisa melakukan upaya preventif.

"Dokter harus proaktif melakukan sosialisasi. Berikan informasi sedetil mungkin terkait virus MERS ini, supaya masyarakat jadi paham dan tidak panik. Dan untuk masyarakat saya himbau selalu waspada dan patuhi anjuran dokter. Gunakan selalu masker, jaga kesehatan tubuh dan hindari kontak dengan binatang onta selama di Timur Tengah,"ujar Wagubsu.

Dr. Ramlan Sitompul membenarkan anjuran Wagubsu. Menurutnya saat ini masyarakat memang harus melakukan upaya pencegahan. Bagi warga yang akan pergi ke Timur tengah baik dalam rangka ibadah maupun tugas sebaiknya mematuhi anjuran tim kesehatan. Pencegahan bisa lebih efektif agar terhindar dari penyakit yang belum ditemukan vaksinnya itu.

"Virus mers itu sendiri gejalahnya sama seperti virus flu, hanya saja penderitanya akan mengalami penurunan kondisi tubuh secara cepat hingga akhirnya meninggal dunia," katanya.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung