Wagubsu Ajak Lestarikan Bangunan Bersejarah

Wagubsu Ajak Lestarikan Bangunan Bersejarah


Medan (Mimbar) - Wagubsu Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si mengajak seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara ikut melestarikan bangunan bersejarah. Pelestarian sangatlah penting demi mengingat sejarah yang ada di Provinsi Sumut karena menurutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti sejarah-sejarahnya dan menghargai jasa-jasa pendahulunya.

"Bangunan- bangunan bersejarah yang ada di beberapa tempat di Provinsi Sumut nilainya sangat tinggi tak bisa di nilai dengan uang. Maka wajib kita lestarikan," kata Wagubsu saat menerima audiensi Pengurus Badan Warisan Sumatera (BWS) di ruang kerjanya di Kantor Gubsu, Selasa (13/5) 

Audiensi yang dihadiri Ketua Bidang Edukasi Publik BWS Dr. Asmyta Surbakti, M.Si yang didampingi Ketua Pelaksana Harian BWS Hairul, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Regulasi dan Kebijakan Publik Isnen Fitri dan Staf Roni Rezeki.

Asymta menjelaskan, Sumatera Utara memiliki banyak warisan-warisan sejarah yang belum diperhatikan, bahkan ada yang hampir punah. Pada audiensi ini terungkap rencana BWS untuk melestarikan Istana Maimun karena memiliki nilai sejarah sangat tinggi namun belum optimal dikelola sebagai objek wisata kebanggaan Sumatera Utara.

Oleh karenanya Asmita mengajak Pemprovsu ikut terlibat dalam upaya pelestarian warisan sejarah Istana Maimun dan objek-objek sejarah lain yang ada di Sumatera Utara.BWS ingin mengembangkan Istana Maimun setelah mengadakan penelitian-penelitian tentang potensi yang besar yang ada di Istana Maimun."Mohon dukungan Pemprovsu untuk konservasi dan pengembangan istana Maimun dalam konteks industri Pariwisata," harapnya.

Terkait rencana BWS itu, Wagubsu meminta agar mereka mengundang keluarga (Ahli Waris/Keluarga Sultan), Pengurus Yayasan dan Pemerintah Daerah serta pihak-pihak terkait. Karena menurutnya konflik keluarga yang ada di Istana Maimun bisa menjadi kendala untuk optimalisasi Istana Maimun dalam mendongkrak Pariwisata di Sumut. 

"Adakan pertemuan, cari masukan-masukan apa yang sebenarnya diinginkan ahli waris yang ada di istana Maimun. Lalu kita beri penjelasan dan pengertian apa yang ingin kita lakukan untuk konservasi dan pengembangan Istana Maimun," imbau Tengku  Erry yang didampingi Staf Ahli Gubsu Riadil Akhir Lubis, Kepala BPMP Provsu Hj. Purnama Dewi, Kabid Aptel Diskominfo Provsu Eli Suhaeriyah dan yang mewakili Dinas Pariwisata.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung