Gubsu Buka NPEO Ke-22 Di Polmed

Bahasa Inggris Syarat Memenangkan Persaingan Global

#Gubsu Buka NPEO ke-22 di Polmed


Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si membuka National Polytechnic English Olympics (NPEO) Ke-22 di Politeknik Negeri Medan (Polmed), Selasa (6/5). Gubsu menegaskan keterampilan bahasa Inggris menjadi syarat mutlak untuk memenangkan persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Kegiatan NPEO 2014 ini diikuti 350 mahasiwa dari 423 politeknik negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Dalam olimpiade bahasa inggris ini seluruh peserta akan berlomba di 4 kategori yakni  speech (pidato), debate (debat), broadcasting (membaca berita) dan story telling (bercerita). Selain dihadiri Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, M.Si, acara ini  juga dihadiri Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dan seluruh civitas akademi Politeknik seIndonesia. 

Untuk kegiatan olimpiade yang akan berlangsung 6 sampai 10 Mei 2014, Gubsu memberikan apresiasinya. Gatot pun merasa bangga karena Polmed terpilih sebagai tuan rumah di ajang bergengsi antar politeknik se-Indonesia.

Gubsu menambahkan, bahasa Inggris saat ini menjadi nilai tambah sekaligus faktor penentu untuk memenangkan persaingan. Apalagi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, dimana persaingan antar SDM sudah makin kompetitif dan bebas. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, para mahasiswa harus menyadari ketatnya era persaingan bebas tersebut. Generasi muda harus benar-benar mempersiapkan skill dan pengetahuan.

"Dan keterampilan itu salah satunya adalah terampil berbahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris jelas akan menentukan dalam dunia perdagangan dan pekerjaan profesional di era MEA 2015,"ujarnya.

Direktur Polmed M. Syahruddin, S.T, M.T menjelaskan, event olimpiade ini memang dikreasikan agar para mahasiswa politeknik siap menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai situasi dan kondisi. Para mahasiswa harus siap menghadapi persaingan global.

"Tujuannya selain untuk mempererat silaturahim politeknik se-Indonesia juga untuk meningkatkan skill mahasiswa. Dan tentunya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris," kata Syahruddin.

Terpilihnya Polmed menjadi tuan rumah even tahunan mahasiswa Politeknik se-Indonesia merupakan keputusan rapat Pudir III seluruh Indonesia saat NPEO 2013 di Surabaya.  Dia menambahkan, semua kegiatan nantinya akan dilakukan di kampus ungu Polmed, Jalan Almamater Nomor 1 Padang Bulan, Medan.

Usai membuka National Polytechnic English Olympics (NPEO) Ke-22 Tahun 2014, Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menyempatkan diri mengunjungi beberapa kantor jurusan dan ruang kelas di Politeknik Negeri Medan. Gubsu melakukan reuni dengan sejumlah teman-teman lama selama dia mengajar di tempat itu. 

Salah satu lokasi yang dikunjungi Gubsu adalah Kantor Jurusan Teknik Sipil. DI tempat ini, Gubsu berbincang santai dengan sejumlah dosen dan ketua jurusan. Beberapa mahasiswa dan pegawai memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama."25 tahun saya bertugas di tempat ini, benar-benar tak akan saya lupakan. Saya menginjakkan kaki di Politeknik ini tahun 1983, semua penuh kenangan indah,"ujar Gubsu sambil mengamati sejumlah ruangan dengan disaksikan Ketua Jurusan Teknik Sipil. (#)


Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung