Rendah Partisipasi di Deliserdang Mengharuskan Gencar Sosialisasi

Rendah Partisipasi di Deliserdang Mengharuskan Gencar Sosialisasi


* Putaran kedua harus tuntas akhir 2013

Medan,
Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengingatkan rendahnya tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Deliserdang pada 23 Oktober 2013 lalu, yakni 35 persen, hendaklah menjadi evaluasi semua pihak.

"Indikasi ini hendaknya menjadi pemicu bagi semua pihak terutama KPU dan Pemda serta masing-masing pasangan calon untuk mendorong meningkatkan partisipasi tersebut pada Pilkada putaran kedua," ujar Gubsu menjawab wartawan, Kamis (31/10).

Didampingi Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP Gubsu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Delisedang dan Langkat yang baru saja menggelar Pilkada secara aman, tenteram dan demokratis.

Begitu juga kepada lima kabupaten lainnya yang sebelum ini juga menggelar Pilkada tahun ini yaitu Taput, Dairi, Palas, Paluta dan Batubara yang pelaksanaannya aman dan damai, meski ada dua daerah yang dua putaran, yaitu Deliserdang dan Taput, Gubsu menyampaikan penghargaan.

Secara keseluruhan lanjutnya proses demokrasi di 7 daerah tersebut berjalan lancar, sukses dan aman meski kita perlu mendorong tingkat partisipasi masyarakaat lebih banyak lagi.

Menanggapi Pilkada 2 putaran di Deliserdang dan Taput Gubsu berharap semua pihak hendaklah mengkuti semua tahapan secara sportif dan kalau pun ada gugatan hal itu sah saja sesuai ketentuan yang diberi batas 14 hari setelah masuknya gugatan tersebut

Gubsu mengingatkan tahun 2014 tak ada pilkada kecuali Pilcaleg dan Pilpres sehingga Pilkada putaran kedua di Deliserdang pada 27 Desember 2013 dan di Taput pada 11 Desember hendaklah berjalan baik dan semuanya sudah harus selesai sebelum berakhir 2013.

Gubsu optimis KPU kedua daeerah bersama pemda sudah mempersiapkan anggaran putaran kedua dan kpu sudah miliki jadwal yang tidak leewati akhir 2013

Oleh sebab itu masa waktu yang ada sekitar 2 bulan ini harus dilaksanakan secara maksimal oleh kpu untuk melakukan sosialisasi dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada selama penyelenggaraan.

Khusus pemda Deliserdang dan Taput sesuai pasal 126 UU penyelenggaraan pemilu pemda wajib membantu dalam sosialisasi dan makna kewajiban itu selain Pemda sudah membantu anggaran KPU maka di SKPD terkait dapat menganggarkan kegiatan mendorong masyarakat datang ke tps.

Besarnmya tingkat partisipasi kata Gubsu adalah indikator kualitas pilkada.

Terima Kasih Aparat Keamanan

Gubsu memberi apresiasi kepada jajaran Polda hingga Polres dan Kodam hingga kodim di daerah masing-masing yang telah melaksanakan pengamaman optimal, simpati dan tegas sesuai aturan mengawal pilkada 7 kabupaten selama 2013

Dukungan sama diharapkan diberikan untuk putaran kedua di Deliserdang dan Taput putaran kedua

Apresiai yang sama juga disampaikan kepada masyarakat di 7 kabupaten yang telah melaksanakan hak politik secara baik serta memberikan pembelajaran demokrasi yang sehat kepada masyarakat karena pilkada berjalan kondusif.

Kekodusifan itu harus terus kita pelihara apalagi puncaknya tahun politik akan berlangsung 2014 yaitu pemilu legislatif 9 April 2014 dan pilpres 9 juli 2014.

Sebagaimana diberitakan di Deliserdang pasangan H Ashari Tambunan dan H Zainuddin Mars memperoleh 29,99 persen urutan pertama dan pasangan H Achmad Talaa dan H Hardi Mulyono 18,63 persen urutan kedua maju putaran kedua meski pasangan H Ashari Tambunan dan H Zainuddin Mars masih mengajukan gugatan ke MK.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung