Koordinasi Gubernur se Wilayah Sumatera

 

Wagubsu Buka Rapat Tindak Lanjut Forum Koordinasi Gubernur se Wilayah Sumatera


MEDAN - Kerjasama antar pemerintah daerah  sangat penting untuk mendorong potensi dan kemajuan setiap daerah. Untuk mengoptimalkan kerjasama lintas wilayah ini pemerintah provinsi se-Sumatera bertemu dalam Rapat Tindak Lanjut Forum Koordinasi Gubernur se-Wilayah Sumatera 2013.

               " Kerjasama antar pemerintah provinsi se-wilayah Sumatera yang diwujudkan melalui forum Gubernur, telah membangun komitmen bersama dalam sinergitas pembangunan dengan prinsip saling menguntungkan," kata Wagubsu Ir HT Erry Nuradi MSi pada pertemuan tersebut di Kariba Boutique Hotel, Medan, Kamis (7/11).
              
               Menurut Wagubsu pada rapat forum koordinasi Gubernur yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2012 di Medan telah dihasilkan kesepakatan Gubernur se-Wilayah Sumatera untuk percepatan pembangunan se-Wilayah Sumatera. Setidaknya ada dua dua agenda penting dari pertemuan terdahulu yakni, pertama tindak lanjut kesepakatan Gubernur se-Wilayah Sumatera Tahun 2011 di Palembang yang menghasilkan 11 butir kesepakatan, dan agenda isu strategis pembangunan Sumatera yang memerlukan dukungan dan perhatian kementerian/lembaga yang terdiri dari 8 butir kesepakatan.
              
               "Terhadap kedua agenda tersebut diharapkan agar masing-masing provinsi melaksanakan rencana aksi terkait butir-butir kesepakatan yang telah dirumuskan, sehingga memberi pengaruh nyata terhadap percepatan pembangunan di wilayah masing-masing," ujar Wagubsu
               Rapat tindaklanjut Forum Koordinasi Gubernur se-Wilayah Sumatera Tahun 2013, yang berlangsung 7-8 Nopember 2013 bertujuan menghimpun progres rencana aksi tindaklanjut masing-masing provinsi terhadap agenda yang telah disepakati. Selanjutnya hasil pertemuan ini akan disampaikan Gubernur Sumatera Utara selaku Ketua Forum Koordinasi Gubernur se-wilayah Sumatera pada pertemuan Forum Koordinasi Gubernur Tahun 2013 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 19-20 Nopember 2013.
              
               "Saya berharap pertemuan ini akan menghasilkan informasi dan tindak lanjut yang akurat, terutama melahirkan kesepakatan-kesepakatan baru yang akan dibahas pada pertemuan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Wagubsu.              
               Sementara itu Panitia Penyelenggara Ir Riadil Akhir Lubis mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun/mengevaluasi laporan perkembangan rencana aksi tindak lanjut dari hasil kesepakatan forum Gubernur se-wilayah Sumatera Tahun 2012, menggali isu-isu strategis baru yang akan menjadi kesepakatan, dan persiapan pengalihan Ketua forum Gubernur se-wilayah Sumatera dari Gubernur Sumatera Utara kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal tanggal 20 Nopember 2013 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

               Rapat imi diikuti  peserta berjumlah kurang lebih 65 orang yang berasal dari narasumber pemerintah pusat, yaitu kementerian pendidikan dan kebudayaan RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, BUMN PT Hutama Karya, Rektor Perguruan Tinggi, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, Bappeda se-Wilayah Sumatera dan SKPD terkait Provinsi Sumatera Utara.
              

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung