Gubsu Launching Beras Berharga Ekonomis

 

Gubsu Launching Beras Berharga Ekonomis


MEDAN -  Saat peringatan Hari Krida Pertanian, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST, MSi mengajak masyarakat khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengkonsumsi Beras Mart produksi Perum Bulog. Diharap dengan mengkonsumsi beras produk petani lokal yang bercitarasa lezat namun harga ekonomis bisa membantu petani lokal dan mengurangi dampak gejolak harga beras.

Ajakan mengkonsumsi Beras Mart ini dicanangkan saat upacara Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 41 Tahun 2013, bertempat di lapangan kantor Gubernur Jalan Dipenogoro, (14/11). Beras Mart memiliki harga ekonomis karena diperoleh dari hasil panen petani lokal yang dikelola langsung oleh Perum Bulog Divre Sumatera Utara.

"Dengan mengkonsumsi Beras Mart yang harganya sangat terjangkau seluruh kalangan berarti kita sudah membantu petani dalam negeri khususnya petani di Sumatera Utara. Karena Beras Mart itu sendiri merupakan hasil panen petani yang dikelola langsung oleh Perum Bulog Divre Sumatera Utara,"ujar Gubsu yang pada kesempatan itu bersama Ketua TP PKK Sumut membeli Beras Mart kemasan 5 Kilogram seharga Rp 45 ribu.

Kepala Perum Bulog Divre Provinsi Sumatera Utara Nasrun, mengatakan Beras Mart merupakan beras super premium yang dipasarkan secara ritel di gerai-gerai Bulog Mart. Beras super premium ini harganya memang lebih murah dibanding beras-beras kelas serupa di pasaran.

Harga bisa lebih murah, karena Bulog meluncurkan Berat Mart dengan tujuan memutuskan mata rantai perdagangan beras yang kerap menjadi pemicu gejolak harga. Bila dahulu jalurnya dari petani, kilang padi hingga agen dan pedagang, maka untuk Beras Mart ini Bulog langsung membeli dari Petani kemudian mengemas untuk dijual ke masyarakat. Namun pada tahap awal beras berkualitas berharga ekonomis ini dijual untuk kalangan PNS.

"Kita harap Beras Mart tak hanya bisa menaikkan produksi petani dan menaikkan harga jual mereka tapi juga menguntungkan konsumen,"kata Nasrun.

Nasrun menambahkan, Beras Mart  bisa dilihat langsung di stand HKP. Di tempat ini pengunjung langsung bisa mencicipi nasi dari Beras Mart yang enak namun berharga murah. "Tadi pak Gubsu langsung mencicipi nasi Beras Mart dan beliau membeli untuk dikonsumsi sendiri,"jelas Nasrun.

Pada peringatan itu, Gubsu juga membacakan kata sambutan Menteri Pertanian RI. Dimana memaknai Hari Krida Pertanian, harus dibarengi semangat memperkuat komitmen untuk mencapai 4 target sukses melalui swasembada dan swasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor dan peningkatan kesejahteraan petani.

Sumber daya manusia pertanian merupakan faktor penting perlindungan dan pemberdayaan petani nantinya mendorong petani Indonesia bisa maju dan sejahtera ditengah ancaman krisis pangan global dunia. Upaya ketahanan pangan tidak lagi terfokus pada ketersediaan  dan konsumsi akan tetapi berorientasi pada produksi kemandirian dan kedaulatan pangan.

Pada Hari Krida Pertanian Gubsu menghimbau agar seluruh pemangku kepentingan pembangunan pertanian secara aktif berperan serta menyamarakkan peringatan dengan kerja-keja nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Karena kemampuan negara dan bangsa memproduksi pangan yang beraneka ragam di dalam negeri akan menjamin pemenuhan kebutuhan pangan bagi warganya. Untuk itu perlu dimanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi dan kearifan lokal secara bermartabat.

Sementara Koordinator Acara  HKP ke 41  dan juga Kabag Biro Perekonomian Bondaharo memaparkan, kegiatan ini  diisi dengan pameran hasil pertanian dan perkebunan. Pameran dimeriahkan beberapa stand seperti PT Perkebunan Sumatera Utara, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut, Badan Ketahanan Pangan Sumut, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan Sumut , Perum Bulog Divre Sumut , Dinas Ketahanan Pangan serta sejumlah perusahaan lain seperti pengrajin Pertani.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung