BI Optimis UMK Sumut ‘Go to International’



BI Optimis UMK Sumut ‘Go to International’


Medan, (Mimbar)    Bank Indonesia (BI) optimis pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) yang ada di Sumatera Utara akan menjadi usaha-usaha besar yang mampu bersaing bukan hanya di pasar domestik namun juga di pasar internasional atau ‘go to international’.
            “UMKM Sumut potensinya besar. Namun upaya pengembangannya sangat membutuhkan campur tangan semua pihak terutama dengan banyaknya tantangan dalam upaya pengembangan UMK ini. Di depan mata kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2015, yang tentunya tidak lama lagi. UMK Sumut harus siap,” ujar Kepala Perwakilan BI Wilayah IX Sumut dan Aceh Hari Utomo pada pembukaan Bank Sumut UMK Expo 2013, Selasa (12/11).
            Dihadapan Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Ester Junita Ginting pada expo yang digelar di halaman kantor pusat Bank Sumut di Medan hingga 14 November 2013 tersebut Hari Utomo memaparkan data kredit UMKM di Sumut menunjukkan pertumbuhan 25,23 % secara year on year menjadi Rp 37,97 triliun pada akhir bulan Sempeter 2013 dari Rp.30,32 triliun pada bulan yang sama tahun sebelumnya.
“Pertumbuhan tertinggi dialami kredit kecil yang tumbuh 38,39 % (year on year), diikuti oleh kredit Mikro yang tumbuh 19,14% (year on year). Nilai kredit UMKM sebesar ini merupakan 25,91% dari total kredit di Sumatera Utara pada akhir bulan September 2013,” paparnya seraya merincikan kredit UMKM pada triwulan III 2013 didominasi kredit menengah (Rp 500 juta – Rp.5 miliar) senilai Rp.18,21 triliun (47,96% total kredit UMKM), disusul kredit skala kecil (Rp 50 juta – Rp.500 juta) senilai Rp.13,41 triliun (35,32%) dan kredit skala mikro (di bawah Rp.50 juta) dengan baki debet Rp.6,35 triliun (16,72%).
Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting pada expo yang menampikan produk-produk unggulan sejumlah pelaku UMK binaan atau nasabah Bank Sumut sebelumnya mengemukakan pemberdayaan UMKM merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan perekonomian rakyat Indonesia, khususnya Sumut.
Acara ini, katanya, sudah dilakukan dilakukan sejak 2008. Dikatakannya, UMK Expo pada tahun ini merupakan kegiatan ke sepuluh kalinya yang diadakan oleh Bank Sumut.  "Perserta UMK Expo berasal dari nasabah seluruh kantor Cabang Bank Sumut, binaan koperasi dan UKM Propsu dan Medan, Dinas Pendidikan Medan, Kadin Sumut, Cikal USU, SMK, dan masyarakat pelaku UMK," ucapnya.

Sebagai bukti kepudilian terhadap pelaku UMK, lanjutnya, Bank Sumut telah menjalankan kredit mikro. Pola grameen bank yang disebut Kredit Sumut Sejahtera (KSS) tahap I dan KSS II, peluncuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan plafon Rp 50 juta sampai Rp 500 juta.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung