Mimbar Umum Kembali Bangkit


Resepi HUT ke 68 Tahun

Mimbar Umum Akan Kembali Bangkit di Masyarakat Sumut


Medan, (Mimbar) - Harian Mimbar Umum di usia ke 68 Tahun harus kembali bangkit dan berkembang di kalangan masyarakat Sumatera Utara. Untuk itu, seluruh karyawan Harian Mimbar Umum harus benar-benar mampu bekerja membangkitkan kembali kejayaan Mimbar Umum kedepan.
      "Saya bertekad dalam memimpin Mimbar Umum di usia yang sudah tidak muda ini, akan lebih maju dan jaya lagi dari tahun sebelumnya. Untuk itu saya butuh kerjasama dan pemikirannya untuk memajukan Mimbar Umum,"kata Wakil Pemimpin Umum, Muhammad Hasbi Al Fauz Lubis, dalam sambutannya di acara Resepsi Peringatan 68 Tahun Harian Mimbar Umum di kantor Jalan HM Yamin Medan, Rabu (6/11).
        Turut hadir di acara tersebut, Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Harian Mimbar Umum, HM Fauzi Lubis, Wakil Pemimpin Perusahaan Ngatirin, Wakil Pemimpin Redaksi, Jalaluddin dan seluruh karyawan Harian Mimbar Umum di Medan dan daerah. Acara resepsi diisi dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan langsung HM Fauzi Lubi dan selanjutnya diserahkan kepada pemimpin baru yakni Muhammad Hasbi Al Fauz Lubis serta karyawan atau wartawan termuda, Jamaluddin, sekaligus memberikan santunan kepada puluhan anak yatim panti asuhan Al Washliyah Medan.
      Hasbi menekankan, sebagai  bukti Harian Mimbar Umum akan memulai masa kebangkitannya di usia ke 68 tahun ini, pihaknya  bertekad  akan menambah halaman Mimbar Umum menjadi 16 halaman bahkan hingga 32 halaman dengan berwarna. "Saya bertekad dalam memimpin Mimbar Umum ini, lebih maju dan jaya lagi dari tahun sebelumnya. Untuk itu saya butuh kerjasama dan pemikirannya untuk memajukan Mimbar Umum,"katanya.
      Selanjutnya di usia ke 68 Tahun Harian Mimbar Umum yang terbit sejak  6 November 1945, diisi berbagai  kegiatan diantaranya selain  memberi tali asih kepada beberapa orang anak yatim, seluruh pimpinan dan karyawan juga melakukan ziarah ke makam pendiri Mimbar Umum Arif Lubis dan makam H Hasbullah Lubis.
         Sejarah Singkat
        Adapun sejarah singkat Harian Mimbar Umum terbit sejak 6 November 1945 dipimpin Arif Lubis, namun era 1945 hingga 1947 Harian Mimbar Umum sempat "mengungsi" ke Tebing Tinggi Deli, akibat ketakutan akan ada pemberedelan dari pemerintah Belanda, padahal negeri ini sudah Merdeka. Di tahun 1947 suasana di Sumatera Utara mulai tenang, baru harian Mimbar Umum terbit di Medan, yang konon redaksinya di Pusat Pasar Medan.
      Setelah mengalami kemajuan maka redaksi Mimbar Umum pindah ke Jalan Riau Medan. Namun saat era politik Indonesia sedang dicengkram komunis, sekira tahun 1963-1965 khususnya di Medan, wartawan Mimbar beserta redaksinya sempat ber lindung ke Harian Angkatan Bersenjata.
          Mungkin ada rasa penat, sekira tahun 1975 Arif Lubis mencari warga yang bermarga Lubis secara kebetulan jumpa dengan H Hasbullah Lubis, dilakukanlah penggantian pimpinan dalam arti agar H Hasbullah Lubis mampu melanjutkan penerbitan Harian Mimbar sesuai dengan cita-cita Arif Lubis.Era H Hasbullah Lubis Harian Mimbar Umum dicetak melalui percetakan Firma Hasmar.    
          Kepemimpinan H Hasbullah Lubis hanya sampai pada Juli 1983 H Hasbullah Lubis meninggal dunia. Kepemimpinan Mimbar Umum diambil alih oleh HM Fauzi Lubis, banyak rintangan dialami HM Fauzi Lubis, tetapi tekadnya bulat, menilai bahwa Mimbar Umum adalah Koran Sejarah, harus terus diaktifkan di masyarakat.    
        Untuk itu pada setiap pertemuan dengan semua jajaran redaksi dan usaha HM Fauzi Lubis mengajak semua harus bekerja keras guna mengejar ketertinggalan.Kini di era generasi muda berikutnya HM Fauzi Lubis membangun semangat kepada putranya Muhammad Hasbi Al Fauz Lubis menjadi generasi ke empat  yang dimulai setelah tiga puluh tahun kepemimpinan H Hasbullah dan HM Fauzi Lubis.
          Makanya di era Muhammad Hasbi Al Fauz Lubis dirinya meyakinkan para redaksi dan usaha agar bersama-sama bangun smeningkatkan etos kerja yang lebih baik.(06/09)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung