Jalan Provinsi di Perdagangan - Simalungun Longsor

 

Jalan Provinsi di Perdagangan-Simalungun Longsor


Bina Marga Sumut Mulai Memperbaiki

Medan

Dinas Bina Marga Provinsi Sumut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga Simalungun dan perusahaan kebun PT Sipef Bukit Maraja, mulai memperbaiki badan jalan provinsi yang amblas di Km 20 Nagori Pamatang Syahkuda Kecamatan Gunung Malela, Simalungun.

Sebelumnya ruas jalan yang menghubungkan Perdangangan ke Kota Pematangsiantar itu longsor, Sabtu (9/11), karena tingginya debit air aliran sungai yang berada di tepi jalan, akibat curah hujan yang relatif tinggi di daerah itu beberapa hari terakhir. Longsor itu mencapai kedalam hingga 30 m.

Kadis Bina Marga Sumut Ir Effendy Pohan MSi mengatakan, sejak kemarin perbaikan sudah dilakukan. "Alhamdulillah karena antara Bina Marga Sumut, Simalungun dan PT Sipef mau keroyokan memperbaiki badan jalan yang longsor itu, agar dapat dilalui masyarakat untuk sementara," katanya menjawab wartawan, Senin (11/11).

Bina Marga Sumut, katanya, membuat box culvert (saluran riol plat beton) untun mengurangi debit air sungai. Kemudian membuat bronjong dan mengamankan jembatan agar sedapat mungkin tidak amblas.

Kemudian Bina Marga Simalungun dan PT Sipef membantu dengan membuat saluran-saluran pembuangan air dari aliran sungai ke daerah lain. Kemudian akan terus membersihkan saluran air agar tidak meluap karena sampah dan lainnya. "Kemudian PT Perkebunan IV juga ikut membantu," kata Effendy.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan mengusulkan anggaran pembangunan permanen di APBD tahun 2014, untuk menghindari terjadinya longsor di kemudian hari. Pembangunan permanen di 2014 antara lain mulai dari pemasangan tiang pancang..

Selain itu, juga badan jalan yang longsor juga akan diperbaiki dan juga dengan bronjong dan hal-hal lainnya yang intinya untuk menguakan badan jalan. "Artinya jalan itu sangat vital bagi masyarakat. Jadi pembangunannya harus secara permanen, dan jangan setengah-setengah. Kita rencanakan pembangunannya di 2014," ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung