Waspadai Potensi Konflik Jelang 2014


 
Waspadai Potensi Konflik Jelang 2014

Medan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST menegaskan perlunya deteksi dini dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi konflik yang timbul menjelang tahun politik 2014.
Hal itu diingatkannya saat menerima kunjungan Kepala Badan Intelejen Negara Daerah se Indonesia di Kantor Gubsu, Senin (30/9). Sumut dipilih sebagai lokasi Pratek Kerja Lapangan Pendidikan dan Pelatihan Intelegen Strategis Tingkat II BIN Tahun 2013.
Dalam pertemuan tersebut, Gubsu memaparkan perkembangan kondisi dan situasi terkini di Sumatera Utara. Menurut Gubsu, pemilihan Sumatera utara sebagai laboratorium bagi 20 peserta  pejabat eseleon II BIN merupakan hal yang tepat mengingat Sumut adalah miniatur Indonesia. Rombongan ini dipimpin Kapusdiklat BIN Pambudi Cahyo Widodo.

"Persoalan-persoalan yang terjadi di Indonesia bisa diperoleh di Sumatera Utara karena memang daerah ini begitu beraneka ragam dan pantas disebut miniaturnya Indonesia," ujar Gubsu yang juga dalah Ketua Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Sumut. Hadir turut mendampingi Kepala Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) Kominda Sumut yang juga adalah Kabinda Sumatera Utara (Sumut) Brigjen TNI Cucu Sumantri dan Sekretaris Kominda Eddy Sofyan yang merupakan Kepala Badan Kesbangpolinmas Provsu.
Dalam paparannya Gatot menjelaskan kondisi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan Sumut sampai saat ini tetap dalam keadaan kondusif. Hal ini tercipta berkat adanya kerjasama yang baik antar FKPD, instansi terkait, Kominda, dan peran serta Forum Strategis masyarakat antara lain  FKUB, FKDM, FPK, FKPT dan elemen masyarakat lainnya.
Begitupun, tidak tertutup kemungkinan terjadinya konflik mengingat sesungguhnya Sumatera Utara memiliki potensi konflik cukup besar, baik dari segi dinamika hetrogenitas masyarakat, sumberdaya alam, perkembangan demokratisasi maupun pengaruh perkembangan global.
Gubsu menegaskan suasana kekondusifan Sumatera Utara menjadi daya saing utama yang membuat perekonomian Sumatera Utara tumbuh dengan baik dan selalu di atas rata-rata nasional. Suasana ini tentunya harus terus dijaga, agar pertumbuhan investasi dan perdagangan stabil.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung