IInvestor Malaysia Berminat Bangun Jalan Tol dan Pembangkit Listrik

Investor Malaysia Berminat Bangun Jalan Tol dan Pembangkit Listrik di Sumut

* Wagubsu Halal BI Halal di Konjen Malaysia di Medan

MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut baik rencana investor Malaysia menanamkan investasi di Sumut. Meski begitu, Pemprov Sumut akan menawarkan sejumlah bidang potensial seperti pembangunan jalan tol, pembangkit listrik dan kerjasama bidang pertanian dan perkebunan.

Hal ini disampaikan Wagubsu Ir H T Erry Nuradi, MSi yang hadir bersama isteri Hj. Evi Diana Nuradi pada acara Halal Bi Halal di Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia Jl Diponegoro Medan, Minggu (1/9).

"Sumut membuka diri menjalin kerjasama dengan investor manapun, termasuk Malaysia. Saya berharap, kerjasama yang dibangun nanti lebih diutamakan bidang yang mendesak seperti pembangkit listrik,” ujar Erry.

Meski begitu, Pemprov Sumut tidak membatasi investor untuk menanamkan investasi di bidang yang dianggap menguntungkan.

“Saya yakin, semakin banyak bidang kerjasama yang dijalin, makin cepat laju pertumbuhan ekonomi Sumut. Sumut siap menyambut investor dari manapun,” tambah Erry.

Konjen Malaysia di Medan Rozian Abdul Ghani menyebutkan Investor Malaysia saat ini sedang menjajaki peluang kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Salah satu daerah yang dinilai memiliki potensi di Sumut adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, Rozian mengatakan, keberadaan Bandara Kualanamu International Airport membuka akses kepada investor Malaysia memberikan dampak signifikan terhadap akses masuknya investor Malaysia ke Indonesia, khususnya ke Sumut.

“Bandara Kualanamu sebagai salah satu pintu bagi investor Malaysia untuk melihat potensi kerjasama dengan Sumatera Utara. Salah satunya investor Malaysia menunggu perkembangan kawasan industri di Sei Mangke,” ujar Rozian.

Lebih lanjut dikatakan Rozian salah satu bidang usaha yang memungkinkan dikembangkan di KEK Sei Mangke adalah bidang perkebunan, termasuk industri hilir pengolahan kelapa sawit. Luas areal KEK Sei Mangke yang cukup luas diyakini mampu menjadi kawasan industri strategis.

“Sumatera Utara memiliki banyak potensi. Begitu juga, Malaysia punya banyak investor yang mau menjalin kerjasama bidang apa pun di Sumut. Tetapi tujuan utama dari kerjasama tersebut adalah menjalin hubungan diplomasi dan harmonisasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” sebut Rozian.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung