Kapal Pecah di Pulau Telo, 3 PNS Pemprovsu Tewas



Kapal Pecah di Pulau Telo, 3 PNS Pemprovsu Tewas
·      Gubsu anugerahi kenaikan pangkat anumerta

Medan, (Mimbar) - Tiga pegawai negeri sipil (PNS) Biro Pemerintahan Umum (Pemum) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tewas saat melaksanakan tugas tatkala kapal yang mereka tumpangi pecah dihantam ombak di perairan Samudera Hindia sekitar kawasan Pulau Telo Kabupaten Nias Selatan, Jumat (6/9) sore, seorang lainnya belum ditemukan.
                Kepala Badan Kesbangpol Linmas Provinsi Sumut Drs H Eddy Syofian MAP kepada wartawan di Medan tadi malam (6/9) menyampaikan kabar musibah ini berdasarkan informasi dari stafnya Firdausi Hutasuhut  yang ikut dalam rombongan dinas ke Pulau Telo dengan kapal berbeda.
                Belum diperoleh keterangan resmi berapa orang keseluruhan yang berada di dalam kapal tersebut beserta awak kapalnya, namun laporan sementara, kapal tersebut membawa delapan aparatur negara, selain tiga PNS Pemprovsu yang berkantor di Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Medan yang tewas itu, dua aparatur Pemkab Nias Selatan juga dilaporkan tewas dan dua lainnya selamat. 
                Hingga berita ini diturunkan tadi malam dilaporkan seorang aparatur Pemprovsu dalam kapal pecah itu belum ditemukan yakni atas nama Sutrisno (55) sedangkan tiga yang tewas masing-masing Bahren Lubis (55), Syahrun (45) dan Saidin Purba (45). Aparatur Nias Selatan yang tewas Edison Halawa dan Armansyah (pegawai honor). PNS Pemprovsu yang selamat Fajri Pasaribu dan Saidirman.
                Eddy Syofian menjelaskan Tim Pemprovsu yang didalamnya ikut Firdausi Hutasuhut (Kabid di Kesbangpol Linmas Sumut) melaksanakan dinas ke Kabupaten guna Nias Selatan guna melakukan penilaian terhadap Kecamatan Pulau Telo sebagai salah satu kandidat kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut.
                “Sesampai di Pulau Telo, Camat setempat membawa rombongan meninjau pulau-pulau lainnya yang termasuk dalam gugusan kecamatan Pulau Telo dan sorenya diperoleh laporan salah satu kapal kayu yang ditumpangi tim penilai pecah kemudian Tim SAR menemukan jenazah dimaksud. Kapal lainnya yang ditumpangi antara lain Firdausi Hutasuhut dan Aswin Lubis (Kabag di Biro Pemum) selamat. Dari mereka lah informasi ini diperoleh,” ujar Eddy Syofian.
                Jenazah korban tewas disemayamkan di Pulau Telo dan atas bantuan Pemuka Agama, tokoh masyarakat dan warga setempat dilakukan koordinasi secara baik dan hingga tadi malam Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST mengupayakan agar jenazah aparatur Pemprovsu itu dapat dibawa dengan pesawat terbang dari Gunungsitoli ke Medan setelah besok pagi direncanakan dapat dibawa ke Gunungsitoli via Teluk Dalam.
                Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugrohoo ST menerima informasi ini langsung menyampaikan dukacita mendalam atas nama jajaran Pemprovsu kepada korban tewas yang penuh dedikasi, loyalitas dan tekun dalam melaksanakan tugas tersebut. Atas dasar ini, Gubernur atas nama pemerintah memberikan pangkat anumerta setingkat lebih tinggi kepada aparatur yang meninggal dalam bertugas itu, baik PNS Pemprovsu maupun berkoordinasi dengan Bupati Nias Selatan terhadap PNS setempat.
                “Bapak Gubsu menyampaikan dukacita mendalam dan penghargaan atas dedikasi aparatur tersebut serta berharap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah dan bapak Gubsu juga mengucapkan terima  kasih kepada semua pihak yang membantu penanganan korban musibah ini,” jelas Eddy Syofian.
                Sebagai ilustrasi, kawasan Pulau Telo merupakan kawasan terjauh di bagian barat Sumut yang berada di Samudera Hindia dengan jarak tempuh dari Pulau Telo ke Teluk Dalam selaku ibukota Kabupaten Nias Selatan sekira 5 jam dengan kapal dan dari Teluk Dalam ke Kota Sibolga di pantai barat Sumut  sekira 8 jam. Namun jika via udara, dari Teluk Dalam ke Gunung Sitoli melalui jalan darat sekra 3 jam, dan dari Gunungsitoli (Bandara Bhinaka) ke Medan penerbangan sekira satu jam. (04)

Comments

  1. GAME TERLENGKAP DAN TERPOPULER!
    KEUNTUNGAN BERLIMPAH DAN MUDAH DI MAINKAN!
    HANYA DI ZEUSBOLA!

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah.



    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung