Gubsu ‘Warning’ PLN Menjurus Usik Ketenangan Umat Beribadah



Gubsu ‘Warning’ PLN Menjurus Usik Ketenangan Umat Beribadah



Medan, (Mimbar) –
Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST mengisyaratkan ‘warning’ kepada pihak PLN pemadaman listrik yang terjadi akhir-akhir ini telah berkembang menjadi persoalan sosial kemasyarakatan, sosial politik hingga sosial keagamaan.

"Ini sudah berbahaya karena berkembang dari persoalan sosial kemasyarakatan menjadi sosial politik dan soal keagamaan. Karena begitu banyak masyarakat yang sudah mengeluhkan terganggu beribadah sebab pemadaman sering terjadi saat-saat ibadah ,” kata Gubsu saat sidak Gardu Induk Glugur pada Unit Pelayanan Transmisi Medan Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (25/9) siang.

Gubsu kembali mengingatkan PLN untuk tidak main-main dalam mengatasi pemadaman listrik di Sumut karena berpotensi menimbulkan kerawanan sosial. Karenanya, solusi jangka pendek berupa pengoperasian genset sewaan harus tepat waktu sesuai janji PLN November mendatang. Kepada PLN, Gubsu juga siap membantu mempermudah proses kepabeanan masuknya kontainer-kontainer dari Singapura agar bisa cepat dirakit dan operasional.

Oleh karenanya Gubsu meminta PLN serius dan pemerintah pusat dapat mendorong percepatan penyelesaian krisis listrik di Sumut. "Pokoknya saya siap membantu sesuai kewenangan saya. Supaya cepat jika perlu kemudahan administrasi dan kepabeanan akan saya minta Disperindag mempermudah dan beri prioritas.Yang penting semua kontainer genset dari Singapura bisa cepat tiba di Medan supaya cepat dirakit dan operasional,"tegasnya di depan GM PLN Sumbagut Dyananto.

"Fungsi kami pemerintah adalah terus menggesa, mendesak, mengingatkan PLN dan berharap ada perhatian pemerintah pusat agar ada percepatan penyelesaian persoalan krisis listrik di Sumut," ujar Gubsu. Dia juga mengingatkan agar PLN Wilayah Sumbagut tidak lagi molor dari jadwal penyelesaian pemasangan genset dalam upaya memenuhi defisit 200-300 MW per hari yang menjadi penyebab pemadaman.

Dalam sidak tersebut Gubsu juga meminta PLN lebih gencar memberikan informasi kepada publik soal jadwal pemadaman. ““Kalau mati lampunya saja sudah kayak makan obat ya sosialisasi juga ditambah dan lebih maksimal. Supaya masyarakat tahu jam berapa dipadamkan,” katanya.

Pada kunjungan itu, Gubsu yang didampingi Kadis Pertambangan dan Energi Sumut Binsar Situmorang diterima GM PLN Sumbagut Dyananto dan langsung memantau status produksi seluruh pembangkit di wilayah Sumbagut melalui display yang terdapat di Unit Pelayanan Transmisi tersebut. Gubsu juga melihat langsung 25 genset yang sudah mulai beroperasi di lokasi tersebut. Dari total 25 genset yang ada di lokasi, baru 20 genset yang sudah aktif.

Gubsu menanyakan status genset dengan kapasitas total 430 MW sebagaimana yang dijanjikan Dirut PLN Nur Pamudji bakal beroperasi penuh pada akhir November. Namun PLN menjelaskan tambahan listrik melalui pembangkit diesel (sewa genset) sebanyak 430 MW itu baru bisa beroperasi seluruhnya pada Desember. Saat ini di Singapura sudah menunggu 150 MW Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dalam proses pengiriman ke Sumut.

“Kalau seperti itu, mohon kami terus diinformasikan lebih lanjut jangan sampai terhambat karena persoalan persyaratan administrasi proses pengiriman di bea cukai maupun Dinas Perindustrian. Kalau perlu kemudahan dan prioritas akan saya perintahkan instansi terkait mempercepat prosesnya,” ujar Gubsu.

Melalui papan display status pembangkit, diketahui kondisi defisit pada Rabu sore kemarin sudah mencapai 120 MW. Selain itu, diinformasikan bahwa PT Inalum yang biasanya memasok 120 MW listrik pada malam hari, saat ini hanya bisa memberi 45 MW karena sedang dalam proses pemeliharaan. Itupun pada siang hari PLN memasok 30 MW untuk kepada perusahaan penghasil alumunium tersebut. (04)

Comments

  1. Butuh Penghasilan Lebih? Serta Hiburan Yang Menghasilkan Uang Secara Cepat Tanpa Ribet?
    Buruan Bergabung Dengan ZeusBola Situs Judi Online Terpercaya Dengan Pelayanan Terbaik.
    Dengan Deposit Pulsa Dan OVO
    Dapatkan Bonus New Member dan Bonus Deposit Harian

    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret Dan Alfamart Ya!



    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung