Gunung Sinabung Meletus, Gubsu Terus Monitoring





Gunung Sinabung Meletus, Gubsu Terus Monitoring

Medan, (Mimbar) – Gubernur Sumatera Utara, Indonesia (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho dilaporkan terus memonitoring perkembangan kondisi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang dilaporkan meletus Minggu (15/9/2013) dini hari.

“Bapak Gubsu terus memantau perkembangannya dari Medan (ibu kota Provinsi Sumatera Utara) dan terus menunggu laporan lebih rinci dan actual dari pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat,” ujar pihak berkompeten di Kantor Gubsu di Medan, Minggu (15/9).

Informasi sementara yang diperoleh letusan memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil yang melanda desa-desa sekitarnya. Terlihat ada api diam di puncak kawah pada sekira pukul 02.45 WIB.

Namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroh mengatakan tinggi letusan tidak terlalu tinggi.  "Asap tebal hitam yang membawa abu keluar dari kawah Sinabung," ungkap Sutopo dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9/2013).

Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas Gunungapi Sinabung ini, PVMBG Badan Geologi kata dia telah meningkatkan statusnya dari Waspada (level II) menjadi Siaga (Level III) terhitung mulai Minggu (15/9/2013) pukul 03.00 WIB. Rekomendasinya adalah tidak ada aktivitas di radius 3 km dari kawah.

Sebagian masyarakat di Desa Sukameriah, Kec Payung, Desa Kutarayat, Kutagugung, Simacem dan Bekerah di Kec Namanteran, Kab Karo telah melakukan evakuasi mandiri ketika mereka mendengar gemuruh dan letusan Gunung Sinabung. Mereka mengungsi ke Kabanjahe ibukota Kab Karo. Pengungsi ditempatkan di gedung dan jambur-jambur sekitar Kantor Bupati Karo. (04/Mb)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung